Kamis, 01 Desember 2011

Kemampuan BlackBerry PlayBook






Assalammu’alaikum Wr. Wb.

Pagi semua…semangat…semangat…semangat, bangun pagi kemudian olahraga. Itu bikin kita tetap terlihat segar, gimana masih mengikuti informasi yang ada di blog ini khan..jangan takut sob…informasi disini insyaallah akan terus saya update. Meskipun sibuk pasti saya sempatin buat posting sesuatu yang berguna. Mulai dari informasi dibidang Asuransi, Ilmu mengenai Asuransi Kerugian, Infomasi Gadget ataupun review gadget sampai pada bisnis gratis yang bisa menghasilkan pendapatan yang tak terbatas tanpa modal (asal sobat punya komputer & modem dirumah).
Pagi ini saya akan menghadirkan ulasan gadget dari Research In Motion (RIM) dimana selama ini di Indonesia terkenal dengan produk Blackberry-nya. Tapi kali ini bukan Blackberry yang kita bahas, namun produk komputer tabletnya. Nah gimana penasaran khan, makanya tetap staytune di channel ini.

RIM memilih nama untuk produk komputer tabletnya cukup nyentrik yaitu dari kata “Play” dan “Book” alias PlayBook, dimana dalam tabletnya ini terdapat satu inti sistem operasi atau OS yang cukup bersahabat bagi dunia industri dan individu. Sebuah OS QNX dan hardware disiapkan untuk produk tabletnya ini. Diluncurkannya produk tablet ini diharapkan dapat menaklukkan demam tablet yang sedang melanda dunia saat ini dan berharap akan mengikuti jejak dari ponsel Blackberry yang telah berhasil mencuri sebagian dari pasar gadget di dunia.

Meskipun diberi nama Playbook, namun gadget satu ini patut diperhitungkan dikancah persaingan pc tablet yang ada. Software pada produk ini benar-benar sebuah software yang serius bila dibandingkan dengan produk serupa dari Apple dan Google plus terdapat games dildalamnya, ini menjadikannya gadget yang jauh dari kata membosankan. Selain itu gadget ini mampu melakukan pekerjaan-pekerjaan yang menampilkan presentasi dari PowerPoint, juga terdapat kode keamanan pada aplikasi tersebut untuk menjaga agar pekerjaan kita tidak jatuh ketangan yang salah. Ini memang bukanlah fitur yang menarik, namun hal ini cukup berguna dalam gadget 7 inch lansiran RIM ini. Bagaimana dengan kinerja hardwarenya, apakah mengecewakan…simak baik-baik liputan ini ya…

Hardware
Playbook berwana hitam, dengan tepian sudut yang melingkar dan model gelap, jadi tampak terlihat mencolok. Terdapat tanda logo yang terdapat dibelakang gadget,  serta pada bagian depan dibawah layar terdapat kata "BlackBerry" yang terasa halus dan timbul. Pada bagian rangka terlihat bahan logam yang keren, juga terdapat sedikit bahan karet yang melingkari tepian. Dengan tampilan seperti itu gadget ini terasa begitu solid serta sempurna dan gadget ini memiliki ketebalan hanya 0,4 inch, dimana ketebalannya ini selisih kurang dari sepersepuluh dari iPad 2. Tidak hanya itu, beratnya pun hanya 0,9 pound artinya lebih ringan dari iPad, namun jika dibandingkan dengan Galaxy Tab yang memiliki berat 0,84 pound maka Playbook ini terasa lebih berat.
Banyak perdebatan mengenai standarisasi ukuran komputer tablet  yang muncul, namun sebenarnya itu bukanlah hal yang perlu dirisaukan karena yang terpenting adalah bagaimana menciptakan suatu perangkat yang dapat digunakan oleh semua orang dengan nyaman  tdan mudah dibawa kemanapun. Dengan memiliki berat yang ringan akan membuat kita merasa nyaman untuk membaca dan akan lebih nyaman lagi apabila table memiliki ukuran yang sesuai sehingga mudah dibawa kemana saja. Blackberry Playbook memiliki ukuran dan warna hitam gelap yang lain dari lainnya kompetitor, ini yang menjadikannya terlihat mempesona



Terdapat empat tombol fisik yang dapat ditemukan pada gadget ini yaitu tombol untuk memperbesar volume, memperkecil volume, play/pause dan sebuah tombol power yang kecil. Hal ini disayangkan karena dengan tombol yang kecil tersebu membuatnya susah untuk dicari karena tombol powernya rata dengan rangka tablet ini dan tombol ini juga agak susah untuk dioperasikan tanpa harus menggunakan kuku jari kita dan sedikit keras untuk menekannya.

Kamera 5 megapixel ditanamkan di belakang gadget ini, sedangkan kamera 3 megapixel terletak didepan. Kamera depannya terletak diatas layar 7 inch, layarnya memiliki resolusi 1024 x 600 dan memiliki ketajaman gambar serta sudut pandang yang sangat baik.

Terdapat tiga port yang tersembunyi dibawah yaitu micro HDMI, micro USB dan konektor dengan tiga line yang dapat digunakan untuk pengisian baterai saat didudukkan pada dock pengisian atau bisa juga penggisian menggunakan adaptor eksternal sebagai pilihannya. Selain dari tiga port tersebut terdapat satu lagi lubang port 3.5mm yang terdapat diatas yang berfungsi sebagai headphone, saat anda lihat lebih dekat, anda akan melihat adanya speaker stereo yang terdapat disamping layar.

Internal
Pada internal terdapat prosesor dual-core 1GHz TI OMAP yang ahli untuk memijat dan dapat dimanupulasi oleh OS QNX.QNX adalah sistem operasi yang efisien. Didukung oleh RAM 1GB dan terdapat penyimpanan sebesar 16, 32 atau 64GB,dengan harga kisaran $ 430 dan dengan tambahan sekitar $ 100 untuk setiap pilihan besarnya penyimpanan atau harddisc.

Desain grafisnya ditangani oleh PowerVR, yang cukup dapat  dengan mudah menampilkan video decoding dan akselerasi game dari prosesor, kemampuan grafisnya dapat menampilkan video 1080p melalui HDMI secara lancar dari layar 7 inch-nya. Aplikasi yang ada dapat ditampilkan dengan cepat, responsif dan saat melakukan peralihan dari satu ke lainnya terasa mudah.

Saat awal pembuatan software untuk PlayBook (yang sekarang digunakan adalah generasi ke tiga) tampak memiliki masalah dalam pengelolaan memori dan terkadang terlihat warna merah pada sudut atasnya. Warna tersebut merupakan suatu tanda dari PlayBook bahwa terdapat suatu masalah pada memori. Saat ini manajemen memorinya mengalami kemajuan yang pesat jika dibandingkan dengan yang sebelumnya, selain itu juga anda dapat menghapus aplikasi-aplikasi yang tidak diinginkan secara mudah.

Konektifitas
Akan terdapat banyak pilihan dari PlayBook 4G yang akan ada pada akhir tahun ini, termasuk sebuah contoh WiMAX untuk operator Sprint berikut jaringan HSPA dan LTE. Terdapat pula konektivitas melalui Wifi dan Bluetooth. Dengan menggunakan standart yang terbaru anda dapat menggabungkannya dengan keyboard dan mouse, sehingga akan dapat memunculkan kursor mikroskopik pada layar. Klik kiri untuk tab dan klik kanan untuk gerakan, pada awalnya anda akan merasa agak canggung saat menggunakannya.

Anehnya gadget ini tidak mendukung penyimpanan melalui port USB dengan menggunakan perangkat yang sederhana, begitu pula saat anda sambungkan pada laptop. Anda dapat menjadikannya sebagai drive melalui port USB, selanjutnya anda akan dapat mengakses suatu driver kecil. Install driver tersebut dan PlayBook tersebut akan dapat tersambung sebagai network drive.

Driver tersebut akan memberikan anda akses ke perangkat jaringan atau tersambung langsung melalui USB, namun bila anda menggunakan perangkat selain Mac atau sebuah PC anda akan merasa kecewa pada awalnya. Dan tanpa adanya mode penyimpanan yang sederhana, maka hal ini akan mengakibatkan kerumitan dari yang seharusnya untuk dapat mengambil data dari gadget ini.
 
Baterai
Pengujian kemampuan baterai ini dalam penggunaan sehari-hari, WiFi diaktifkan, menggunakan layarnya cukup terang, memeriksa beberapa situs dan memainkan beberapa lagu, PlayBook memiliki banyak keistimewaan untuk dapat melalui hal ini dalam beberapa hari tanpa lelah. Gadget ini mampu melakukan segala presentasi yang anda lakukan dikantor, sehingga anda akan terlihat keren dimata bos anda serta masih akan menyisakan baterai yang cukup saat anda pulang kerja.

Namun jika dibandingkan dengan competitor, kemampuan baterai dari gadget ini bisa dikatakan cukup baik. Saat memainkan video klip MPEG4 dengan menggunakan koneksi WiFi dan tingkat kecerahan sekitar 65%, gadget ini mampu bertahan selama 7 jam lebih 1 menit. Jika dibandingkan dengan produk dari Samsung, PlayBook dapat bertahan 1 jam lebih lama dari pada Galaxy Tab. Namun jika dibandingkan dengan Motorola Xoom, PlayBook masih tertinggal. Untuk lebih jelasnya perbandingannya sebagai berikut :
  

Battery Life
RIM BlackBerry PlayBook
7:01
Apple iPad 2
10:26
Apple iPad
9:33
Motorola Xoom
8:20
Dell Streak 7
3:26
Archos 101
7:20
Samsung Galaxy Tab
6:09

Perangkat Lunak

Sistem operasi
Sistem gerakannya tampak nyata terorganisir pada setiap pixel dan ditampilkan pada layar kecuali saat melakukan gerakan menyapu untuk mengaktifkan layar, dimana anda dapat men-drag panel ketempat yang berlawananan.

Untuk beralih dari satu aplikasi ke yang lainnya Anda dapat melakukan gerakan menyapu kedalam dari kiri atau ke kanan, sehingga aplikasi dapat muncul keluar kelayar secara penuh dan memungkinkan Anda untuk dapat bergerak maju atau mundur dalam antrian. Sebuah hentakan kecil dapat dilakukan untuk memaksimalkan tampilan aplikasi baru yang menjadi favorit Anda. Atau, lakukan gerakan menyapu dari bawah keatas akan dapat memberikan tampilan ketingkat yang lebih tinggi pada aplikasi yang sedang Anda jalankan. Meraih satu dan melemparkan ke atas mengirimkannya ketempat sampah, atau Anda dapat menekan X kecil yang muncul di samping namanya.

Untuk menampilkan menu pada aplikasi cukup melakukan gerakan menyapu dari atas, terdapat menu kontrol tambahan yang memungkinkan Anda menyimpan file di Word atau melakukan melompat dari satu album ke yang lain di media player. Sedangkan untuk menampilkan tanggal dan waktu, media kontrol yang sederhana, baterai dan indikator konektifitas serta sebuah peralatan pengaturan sistem, Anda dapat melakukan gerakan menyapu dari sudut atas dari layar sehingga memunculkan menu tersebut.

Tindakan dalam melakukan pembuangan terhadap aplikasi pada layar yang membuat frustasi menjadi cukup dinamis dan cukup memuaskan saat dipandang, juga dalam hal melakukan perpindahan aplikasi dari satu ke lainnya menjadi lebih mudah. Segala hal terasa cepat dan responsif, cukup sesuai dengan harga gadget ini.

Keyboard
Sepintas terlihat, keyboard pada gadget ini tampak bagus. Dalam mode landscape tombol keyboard terlihat menyebar namun masih dapat dijankau oleh jempol asalkan jempol Anda tidak pendek. Dipindah pada mode portrait, keyboardnya akan lebih mudah lagi untuk dijankau namun diperlukan sedikit lebih presisi dalam melakukan pemencetannya.

Terdapat angka dan beberapa tombol khusus yang tersedia tanpa harus mencari kedalam menu simbol. Hanya saja saat Anda menginginkan simbol-simbol yang lebih eksotik yang lebih dari sekedar tanda koma, ini mengharuskan kita untuk lebih berusaha untuk mencarinya. Tidak terdapat sistem koreksi otomatis (sistem ini hanya ada pada beberapa Aplikasi), juga tidak ada tombol yang dapat ditekan lama untuk menampilkan karakter-karakter alternatif.

Selain dari hal tersebut, setidaknya masih terdapat copas alias copy dan paste yang mudah digunakan, dengan sepasang tab biru yang dapat menyorot teks yang Anda inginkan. Drag tab tersebut sesuai dengan batas teks yang diinginkan dan kemudian akan mengisi ketempat yang Anda inginkan.
 
Browser
Untuk kepuasan Anda dalam melakukan surfing, RIM tidak lupa untuk menyediakan Webkit dan ini suatu hal yang cukup baik. Setiap halaman ditampilkan dengan cepat dan secara alami tampil pada mode full desktop. Flash Player 10.1 yang telah ditanamkan dapat berjalan dengan baik. Video YouTube dapat dimainkan dengan baik dan pastinya bebas gagap, bahkan saat memainkan game flash seperti Bejeweled dapat dimainkan dengan lancar. Pengujian ini dilakukan menggunakan SunSpider JavaScript, dimana hasilnya cukup memuaskan, meskipun hasilnya 10% lebih lambat jika dibandingkan dengan iPad dan Motorola Xoom namun masih bisa dikatakan kemampuan surfingnya masih bagus.

Kalkulator
Pada aplikasi kalkulator, dimana ini merupakan satu dari sekian banyak aplikasi yang sedang dikembangkan oleh The Astonishing Tribe pada produk tablet. The Astonishing Tribe merupakan sebuah tim yang telah diakuisisi oleh RIM, dimana tim ini sebelumnya berkerja untuk menentukan tampilan dari Android. Tampilan dari aplikasi ini terlihat imut, sedikit lebih praktis pada menu konverter dan membuat Anda lebih mudah untuk menkonfersikan sesuatu.


Gambar
Satu lagi aplikasi yang dikembangkan oleh TAT (The Astonishing Tribe), meskipun terlihat sederhana, aplikasi ini terlihat beberapa sentuhan yang bagus dengan adanya perpindahan dari gambar satu ke gambar lainnya. Ini tentu saja cukup minimalis, tapimenyenangkan untuk digunakan.

Adobe Reader
PDF dan RIM saling bekerja sama, sehingga tidak mengherankan bahwa Adobe tersedia dalam gadget ini dengan pilihan versi dari Reader. Ini hanyalah PDF viewer jadinya agak membosankan. Akan tetapi kinerjanya bagus, dengan membolak-balik atau dengan mencubit untuk melakukan zoom pada table maupun grafik, bahkan dengan file yang besarpun dapat ditampilkannya.

Musik
Pada aplikasi music, terdapat empat tombol yang berguna untuk memilih lagu, yaitu dari : artis, album, genre, atau semua lagu. Album ditampilkan dalam daftar besar, tab satu untuk memainkannya, sementara nama penyangi dan lagu masuk ke daftar panjang. Daftar yang ditampilkan sedikit sepit, sehingga Anda akan merasa agak susah untuk dapat melompat kehuruf tertentu, namun terdapat menu pencarian yang disediakan.

Dokumen untuk Go Suite
Playbook telah terisi dengan Word, Sheet dan Slideshow dari DataVis, ini memberikan kemampuan pada gadget ini untuk dapat menampilkan file berformat PDF, DOC dan file XLS. Melihat dan mengedit dokumen menjadi cukup mudah sehingga dapat meningkatkan produktifitas, namun saat mencoba membuka Excel  dan mengetik rumus-rumus menggunakan keyboard digital yang tersedia akan membuat Anda sedikit kesal. Hal ini disebabkan susahnya akses terhadap karakter-karakter alternatif yang ada.


BlackBerry Bridge
Aplikasi Bridge adalah salah satu potongan terakhir dari teka-teki untuk kelengkapan PlayBook, ini merupakan salah satu aspek terkuat dari gadget ini. Di sini Anda dapat memasangkan Playbook dengan smartphone BlacBerry yang menggunakan OS 5 atau 6, dimana aplikasi Bridge ini dapat berjalan dengan sendirinya. Saat kedua gadget ini terhubung, sebuah aplikasi baru diaktifkan pada tablet.

Dengan cara ini Anda mendapatkan hal-hal berikut: e-mail, kalender, kontak, aplikasi  dan memo. Ada juga pilihanuntuk menjalankan Bridge Browser, melihat web melalui layar ponsel, namun sayangnya saat dilakukan pengujian aplikasi ini selalu drop setiap kali digunakan. Sedangkan aplikasi lainnya dapat berjalan dengan baik, cukup sederhana seperti yang diinginkan oleh pengguna smartphone Blacberry. Namun jika Anda tidak memiliki smartphone dari BlackBerry untuk memasangkan dengan gadget ini maka fitur ini akan secara otomatis menghilang.



Apa yang kurang?
Aplikasi yang tidak ada saat aplikasi Bridge tidak aktif adalah e-mail, kalender, dll. Ini merupakan kekurangan yang besar dari gadget ini, selain itu terdapat aplikasi scrapbooking dari TAT yang juga tidak ditemukan. Satu lagi kekurangan dari gadget ini, saat peluncurannya gadget ini masih belum  mendukung aplikasi dari Android, tetapi hal tersebut akan dilengkapi oleh RIM semoga saja demikian. Apabila gadget ini dapat menjalankan aplikasi Android, hal tersebut akan dapat mengubah banyak hal dari gadget besutan RIM ini.

Secara keseluruhan, pilihan yang terdapat pada aplikasi  World dan pada gadget ini sendiri  sementara ini masih agak terbatas. Mengetahui hal tersebut, RIM dengan cepat menjanjikan akan terdapat ribuan aplikasi yang akan tersedia, dimana aplikasi tersebut ditulis dengan menggunakan beberapa kombinasi dari Adobe AIR atau HTML 5 atau Java atau dalam mesin kompilasi pada Playbook. Yang pasti Anda harus yakin bahwa RIM akan menepati janjinya tersebut, meskipun untuk sekarang aplikasi yang tersedia masih terbatas.

Kamera
Playbook ini memiliki kamera tiga megapiksel yang terletak didepan dan yang dibelakang lima megapiksel, dengan kamera belakang tersebut memungkinkan Anda untuk merekam video dengan kualitas MPEG4 1080p. Saat Anda mengambil gambar, mungkin Anda akan membutuhkan banyak cahaya pada tempat yang tidak terlalu redup. Sedangkan untuk kualitas videonya cukup baik. Fokus dan ketajaman gambar untuk ukuran tablet bisa dibilang cukup bagus, ini merupakan tablet yang bisa digunakan untuk mengambil gambar yang atraktif.

Aksesoris
Selain hal-hal tersebut diatas, RIM tidak melupakan untuk mengeluarkan beberapa produk aksesoris sebagai pelengkap atau untuk mempercantik gadget ini. Sebuah Convertible Case misalnya, aksesoris yang dibandrol seharga  $ 50 ini memberikan perlindungan dan juga berfungsi agar PlayBook dapat berdiri. Meskipun terkesan agak mahal, namun demi keamanan dari gadget ini, harga tersebut mungkin sepadan dengan fungsinya.

Satu lagi aksesoris untuk PlayBook, yaitu Rapid Charging Pod. Aksesoris seharga $ 70 ini berfungsi sebagai charger yang cepat yang diletakkan dibawah gadget ini. Dari informasi di dapat, charger ini memiliki kemampuan mengisi dua kali lebih cepat, dengan adanya desain magnetik yang ada pada charget ini memungkinkan kita untuk melihat-lihat konten yang terdapat pada gadget saat dilakukan pengisian. Namun aksesoris ini sepertinya terlalu mahal untuk barang yang sekecil micro USB connector.



Ringkasan
Dengan diluncurkannya PlayBook Ini oleh RIM, maka RIM membuat langkah besar dimana dia berusaha untuk terus bersaing untuk meraih pasar tablet yang memang sedang musimnya.

Jadi, apa yang kita lihat saat ini adalah kerangka kerja yang fundamental dan solid. Meskipun terdapat beberapa kelemahan dan kekurangan pada gadget ini, gadget ini patut diperhitungkan dikancah gadget tablet saat ini. BlackBerry tablet ini dihadirkan untuk memuaskan para penggemar produk dari RIM, sehingga bagi mereka yang telah memiliki smartphone BlackBerry ini merupakan sebuah paket yang mungkin sulit untuk dilewatkan. Semoga saja gadget ini telah mendukung aplikasi-aplikasi yang dimiliki Android saat dipasarkan, sehingga gadget ini tidak hanya terbatas pada aplikasi-aplikasi yang hanya disediakan oleh RIM dengan OS QNX-nya

Nah…gimana informasi yang saya berikan ini, menarik bukan…mungkin sobat pernah mendengar gadget dari RIM ini,  tapi sekarang sobat telah mengetahui lebih dari mendengan namanya saja. Semoga saja informasi ini berguna bagi sobat yang ingin memiliki gadget ini namun masih ragu, atau bagi sobat yang cuman ingin update informasi gadget saja.

Jika sobat ingin membeli gadget ini secara online sobat bisa langsung mengunjungi lapak amazone yang ada di atas atau langsung klik disini.

Ok sobat….saya cukupkan informasi mengenai BlackBerry PlayBook ini, tetap ikuti terus informasi yang lainnya. Jangan lewatkan informasi mengenai bisnis gratis yang insyaallah akan selalu saya update, agar sobat juga bisa mendapatkan penghasilan dari internet.

Tetap semangat, jangan pernah menyerah untuk mencari informasi & ilmu.

Wassalammu’alaikum Wr. Wb. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...