Selasa, 22 Maret 2011

Performa Apple iPad 2






Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Pagi sobat Asuransi Hot News senang bisa berjumpa dengan sobat semua, pagi ini saya posting gadget yang benar-benar lagi hot di dunia gadget sekarang. Gadget ini baru diluncurkan satu minggu yang lalu jadi benar-benar fresh from the oven (kaya’ roti aja), nah setelah itu saya coba untuk menggali informasi sebanyak agar bisa dipersembahkan untuk sobat semua. Produk baru dari Apple ini merupakan ini merupakan generasi terbaru dari produk Apple yang dibuat tahun lalu, dimana produk ini diharapkan dapat mengulang kesuksesan yang telah dicapai iPad sebelumnya dan nyatanya memang benar-benar sukses karena dari target penjulan 500 ribuan yang tercapai hingga saat ini sudah 1 juta unit yang telah terjual.Software yang ada pada iPad 2 ini hampir sama dengan yang sebelumnya meskipun terdapat beberapa pengembangan, begitu juga dengan hardwarenya. Ukuran dan bentuk dari layar iPad 2 masih sama yaitu 9,7-inch dengan resolusi 1024 x 768 untuk prosessornya Apple memberikan yang baru yaitu dual core A5 CPU, memori lebih besar dan sepasang kamera baru, sebagian besar perubahan dari iPad 2 merupakan untuk mempercantik tampilan. Namun dari kualitas hardware, tablet sebelumnya masih memiliki keunggulan jauh diatas pesaing-pesaingnya dan begitu juga dengan software-nya, Apple masih bisa menegakkan kepala. iPad 2 ini memiliki model yang baru, lebih tipis, ramping, lebih cepat sehingga bisa menjadi pilihan dengan versi lamanya untuk pasar gadget. Untuk lebih tahu kemampuannya sobat bisa baca rincian detailnya ..jangan sampai terlewat ya…

Perangkat keras 
iPad 2 memilki hardware yang baik, jika Anda pemilik model sebelumnya, Anda pasti sudah tahu kalau desainnya sangat menawan. Hal pertama yang Anda akan lihat tentang iPad 2 adalah bahwa gadget ini tipis, bahkan sangat tipis. Ngomong-ngomong soal tipis, iPad 2 ini hanya memiliki ketebalan 0,34 inch  atau bisa dibilang ketebalannya setengah dari versi sebelumnya, sedangkan tingginya 9,5 inch, luasnya hanya 7,3 sedangkan versi sebelumnya 7,47. Dengan ukuran seperti itu jelas Anda akan merasa bahwa gadget ini sangat luar biasa ramping saat Anda pegang. Saat peluncuran gadget ini, Steve Jobs menunjukkan bahwa iPad 2 ini lebih tipis jika dibandingkan dengan iPhone 4 yang tipis itu. Tapi bagaimana dengan beratnya?, meskipun gadget ini tipis namun beratnya mencapai 1,33 pon sedangkan untuk model 3G-nya antara 1.34 s/d 1,35 pon hanya selisih serambut dengan versi lamanya lho sobat…..

Seperti pada versi sebelumnya, bagian depan gadget ini adalah layar semua dan tombol  di bagian bawah layar.  iPad 2 menambahkan sebuah kamera tepatnya dibagian atas layar gadget  ini, dikarenakan kecil sekali sampai-sampai Anda tidak menyadari bahwa titik kecil itu adalah kamera. Dibaliknya mungkin Anda merasa familier, karena terdapat  bahan aluminium yang halus seperti pada versi sebelumnya, ada speaker kecil yang terpasang disebelah kiri bawah, kamera di kiri atas dan tergantung pada model yang Anda lihat karena pada model 3G terdapat antenna 3G dibelakang atas gadget ini. Tombol volume, mute atau tombol memutar ada pada  sisi belakang kiri, sementara di sebelah kanan Anda akan menemukan slot Micro SIM pada versi 3G-nya. Ada sebuah konektor 30-pin standar di bagian bawah, sementara bagian atasnya terdapat tombol power dan headphone jack 3.5mm. Semua itu merupakan standar untuk iPad, cukup cerdas karena semuanya disatukan pada bingkai kecil.

Perangkat ini tersedia dengan warna hitam dan putih, semuanya merupakan sebuah paket yang sangat indah dan ramping.

Internal, Tampilan, Audio 
Melihat hadwarenya sih emang oks banget tapi yang lebih penting dari semua itu adalah dalemnnya. Sebagai permulaan, Apple telah mengganti A4 CPU pada iPad versi tahun lalu dengan yang baru , yaitu dengan chip dual core 1Ghz yang biasa disebut dengan A5..sebuah kejutan khan sob..., hanya saja RAM-nya cuman 512 MB sama dengan standar iPhone 4. Sebenarnya untuk kelas iPad ini seharusnya bisa diberikan RAM sebesar 1GB meskipun dalam penggunaannya tidak mengalami kendala dengan RAM yang ada. Layar identik dengan versi sebelumnya yaitu 9,7 inch dengan resolusi 1024 x 768. Hal tersebut masih terlihat bagus walaupun beberapa orang berharap bahwa akan ada perubahan yang sangat menonjol pada layarnya di versi terbaru iPad ini.
Menginjak pada sambungan nirkabel atau wireless, Anda dapat menggunakan WiFi (802.11a/b/g/n). Bisa juga menggunakan Bluetooth 2.1 + EDR yang ada, seperti pada chip AGPS di versi 3G-nya. Semua model dilengkapi  dengan sensor cahaya sekitar,  accelerometer dan sebagai  tambahan  baru yaitu sebuah giroskop tiga-sumbu.

Hasil suara yang dihasilkan dari speaker yang ada terdengar lebih jernih dibandingkan dengan versi sebelumnya akan tetapi hal ini tidak dapat dikatakan sebagai peningkatan dari versi sebelumnya karena jika Anda berada pada lokasi yang bising seperti di bengkel anda akan tetap membutuhkan sebuah headphone jika anda ingin mendengarkan musik atau menonton  video.

Pada bagian depan iPad 2 ini terasa bagus. Hanya saja tidak ada hal yang membuat Anda akan merasa terperanjat bahkan tidak ada yang terlihat bahwa gadget ini memiliki sesuatu yang membuatnya terlihat berbeda dengan pesaing-pesaingnya. Yang pasti akan banyak orang yang akan berharap bahwa mungkin pada versi ke 3 nantinya Apple memberikan sesuatu yang menarik pada bagian depan dari gadget-nya ini



Kinerja
Seperti yang disebutkan di atas, iPad 2 ini dilengkapi dengan chip dual core 1GHz yang disebut dengan A5. Berdasarkan pengujian chip ini memiliki clock speed di kisaran 800MHz. Saat gadget digunakan terasa sekali bahwa iPad 2 memiliki kecepatan lebih jika dibandingkan dengan versi sebelumnya  

Kinerja dari chip A5 dan grafis pada tablet ini terasa sangat mengesankan,  apa pun yang Anda kerjakan baik itu bermain games atau aplikasi yang membutuhkan gambar grafis yang tinggi dapat dilibasnya.

Baterai 
Semua keunggulan gadget ini tidak terlepas dari kemampuan baterainya. Tidak mengherankan, Apple menjanjikan kemampuan baterai yang besar pada  iPad 2, meskipun perangkat ini telah mendapatkan pemangkasan bentuk fisiknya, akan tetapi Apple mengatakan bahwa pengguna dapat mengharapkan kemampuan baterai yang sama seperti pada versi sebelumnya. Dan rupanya hal ini benar-benar diwujudkan oleh Apple. Pada kenyataannya, bahkan selama penggunaan berat dimana sambungan 3G dan WiFi digunakan untuk browsing, membaca berita, meng-email, mengambil gambar / video  dan mendengarkan musik selama 5 hari saat pengujian dilakukan baterainya menyisakan antara 30%, hebat khan sob…

Dalam perbandingan dengan Motorola Xoom dimana dilakukan pengujian video standar yaitu menjalankan klip video MPEG4, WiFi juga digunakan, tingkat kecerahan layar sekitar 65 persen, iPad 2 bisa mencapai 10 jam 26 menit bahkan itu mengalahkan versi sebelumnya yang bertahan selama 9 jam 33 menit. Sedangkan kompetitor terdekatnya yaitu Motorola Xoom dapat bertahan hanya selama 8 jam 22 menit. 

Kamera 
Kamera iPad 2, Anda mungkin berharap bahwa hasil dari kamera ini akan sangat bagus sekali. Tapi rupanya bagi mereka yang berharap seperti itu akan merasa kecewa karena kameranya benar-benar sangat buruk. Mungkin saja Apple tidak menggunakan sensor yang terbaik yang dimiliki oleh mereka untuk gadget ini. Jika Anda memiliki iPod touch generasi keempat yang memilki kamera, Anda mungkin dapat berharap hasil yang sama. Bahkan dapat dikatakan bahwa kamera yang digunakan pada iPad 2 adalah jenis yang sama dengan yang digunakan pada iPod touch, terdapat lensa “HD” dibelakang dimana ini berarti bahwa terdapat kamera 1 megapixel dan untuk kamera depannya adalah kamera VGA. Untuk jepretan dari jarak jauh dengan obyek diam tidak ada satupun hasilnya yang memuaskan, begitu juga dengan obyek bergerak. Jika dibandingkan dengan kamera yang dimiliki Motorola Xoom, kamera belakang sepertinya adalah kamera kelas dua. Untuk pengambilan video dan panggilan antarmuka atau FaceTime, kamera yang ada cukup berguna. 

Bahkan dengan menggunakan sensor kualitas yang lebih rendah, Apple masih memiliki kesenjangan dengan iPad versi sebelumnya juga dengan kompetitor barunya. Karena ini adalah produk Apple, Anda akan diberikan sebuah aplikasi FaceTime, Photo Booth dan iMovie baru sebagai penutup kekurangannya.

Software
Ini tidak akan menjadi produk iOS baru tanpa adanya update iOS dan iPad 2 mengantarkan adanya iOS 4.3, sedikit update dapat memberikan ide-ide cemerlang. Terutama,  telah meningkatnya kinerja browser. Bersamaan dengan update iPad, Apple juga memperkenalkan dua buah software baru yaitu GarageBand dan iMovie untuk iPad.

Browser
Apple mengklaim browser iPad 2 memiliki kecepatan dan  kinerja yang lebih baik dengan menggunakan iOS barunya, hal ini berkat adanya Nitro JavaScript untuk perangkat lunak yang mendasari software Safari Mobile. Dalam pengujian tercatat kecepatan browsingnya 2173,1ms, jika dibandingkan Motorola Xoom kecepatannya hampir samalah yaitu 2141,8ms. Akan tetapi, jika dibandingkan dengan Motorola Atrix 4G yang memiliki kecepatan browsing 4100,6 iPad 2 masih tertinggal.
            
Dalam penggunaan secara umum, browsernya terasa lebih cepat dan lebih responsif dari pada iPad sebelumnya, hal ini merupakan hal yang baik mengingat dari browsing saja masih belum cukup memberikannya memiliki kemampuan sebuah desktop. Dapat dikatakan bahwasannya iPad 2 memiliki kecepatan dan keluwesan yang hampir sama dengan laptop dan itu menjadi jelas bahwa Apple berusaha untuk menempatkan waktu dan usahanya untuk membuat ini sempurna. 

Namun terdapat sedikit kekurangan di gadget ini yaitu pada Flash. Meskipun banyak situs telah mulai mempergunakan HTML5 untuk elemen video dan interaktif, masih ada banyak konten yang tidak bisa dilihat karena Apple tidak membiarkan Flash pada platformnya padahal terdapat Flash yang dapat berkerja dengan baik dengan iPad. 

FaceTime / Photo Booth 
FaceTime ini mungkin bukan hal yang aneh bagi Anda yang memiliki iPhone atau komputer OS X karena pada iPad fungsinya tidak jauh berbeda. Meskipun tata letaknya berbeda, namun pada dasarnya memiliki hasil yang sama. Seperti halnya dengan telepon, Anda tidak dapat menggunakan layanan ini jika tidak pada WiFi, tetapi mengingat bahwa Anda sedang berhadapan dengan tablet sebagai lawan handset, sepertinya dibuat agak lebih sensitif. 

Hasilnya memang tidak mengejutkan tapi panggilan videonya cukup memuaskan, hanya saja kameranya tidak dapat menghasilkan gambar yang menakjubkan terutama bila melakukan panggilan video dua arah. 

Foto Booth, merupakan sebuah tampilan kecil pada OS X dan kini menjadi sebuah aplikasi pada iPad 2. Perangkat A5 CPU tampaknya memiliki sedikit kesulitan dalam hal menampilkan video secara langsung yang menggunakan efek yang dapat Anda lakukan di aplikasi dan ketika Anda berada dalam modus layar penuh.


GarageBand 
Berlatar belakang dari produksi audio profesional. Dengan software seharga $ 4,99 ini menawarkan delapan lagu dari audio yang direkam atau software instrumen, bersamaan dengan kemampuan Anda untuk mencampur, menambahkan efek dan bahkan menerapkannya. Perangkat lunak ini juga dilengkapi sebuah perpustakaan, bersama dengan pilihan untuk contoh audio dan menciptakan instrumen sendiri untuk Anda mainkan. 

Membuat sebuah trek dan potongan rekaman untuk lagu bisa saja menjadi lebih mudah dan software instrumen yang disediakan memberikan pilihan segudang untuk menciptakan dan memanipulasi suara. Selain pemilihan standar piano, keyboard, dan drum kit, Apple juga memperkenalkan seperangkat instrumen yang disebut dengan Smart Instrumen. 

Smart Instrumen bekerja dengan cara luar biasa, jika Anda menggunakan setting gitar dalam mode ini, Anda disajikan dengan apa yang tampak seperti leher gitar dan penyebaran akord. Anda dapat memilih atau memetik instrumen tersebut sesuai dengan gitar aslinya dan hasilnya mengejutkan. Jika Anda bukan benar-benar pemusik, Anda dapat memiliki gitar pada dasarnya bermain sendiri untuk Anda saat Anda beralih di antara gaya dan akord. Seharusnya Apple dapat menambahkan pilihan untuk memberitahu pengguna untuk menentukan akord mereka sendiri, sehingga dapat memberikan banyak dan benar-benar membiarkan musisi untuk dapat kreatif, tapi ini adalah awal yang sangat baik untuk sebuah konsep yang baru dalam musik. 
Ada juga Smart Instrumen untuk piano / keyboard dan drum. Smart Instrumen untuk Drum memungkinkan Anda untuk mencampur dan mencocokkan drum tertentu pada kotak yang mewakili volume dan pola, memungkinkan Anda untuk menciptakan kombinasi ritme yang menarik dari irama hanya dengan menyeret dan menjatuhkannya.
Secara keseluruhan ini adalah terobosan software untuk tablet. Akan tetapi bukannya tanpa masalah, pada kenyataannya sistemnya dapat mengalami crash sehingga mengharuskan Anda untuk mereboot iPad. Sudah jelas bahwa ada bug yang harus dikerjakan untuk menghilangkan atau mengurangi terjadinya crash dan meskipun ada A5 CPU dan memorinya meningkat, pelacakan musik dan aplikasi aransement tetaplah sebuah kode yang cukup berat. Namun, aplikasi ini benar-benar dapat membuat Anda terpesona. Tak perduli Anda seorang pemain, penulis atau perekam, software ini sangat bernilai sekali.

iMovie 
iMovie sekarang memungkinkan Anda untuk mengedit video dan mengimpor file dengan sebuah sentuhan, hal ini sebenarnya lebih intuitif. 
Seperti versi lain dari perangkat lunak, Anda mendapatkan satu set template film dan efek asosiasi yang dapat Anda terapkan untuk klip Anda. Bahan baku yang disediakan dalam software ini lebih dari cukup untuk menciptakan pekerjaan yang kompeten, terutama jika Anda mengedit bersama-sama liburan keluarga atau pesta ulang tahun pertama.  
AirPlay sekarang telah dikembangkan agar dapat bekerja dengan lebih banyak aplikasi, yang berarti pengembang dapat menghubungkan ke API  agar dapat menampilkan video dimanapun Apple TV berada.

Apple juga menyediakan aksesoris untuk iPad 2 ini yang disebut dengan Apple Smart Covers. Pada dasarnya aksesoris ini adalah pelindung layar dengan magnet disetiap sisinya, aksesoris ini tidak membungkus iPad Anda atau tergantung pada perangkat dengan menggunakan kaitan atau tali. Apple telah merancang metode untuk memasang penutup dengan menempatkan magnet dengan baik. Sulit untuk menjelaskan bagaimana cara kerja cover ini, tetapi efeknya mengejutkan saat pertama kali Anda melihatnya, sepertinya cover ini tahu bagaimana menyempurnakan gadget ini. Ini adalah trik rapi dan penutup yang dapat melindungi layar, cover ini berbahan poliuretan dan kulit. Cover ini juga memiliki lapisan microfiber, yang seharusnya membantu menjaga layar tetap bersih. Yang sangat disayangkan dari cover iPad ini adalah yang terlindung hanya layarnya saja, sedangkan untuk belakangnya menjadi tidak terlindungi.

Ringkasan
Tidak dapat dipungkiri bahwasannya iPad 2 merupakan tablet yang terbaik dipasar saat ini. Juga tidak dapat dipungkiri bahwa gadget tablet lain yaitu Motorola Xoom dapat mengancam keberadaan iPad 2 dan itu bukanlah hal yang mustahil. iPad 2 memang bukanlah sebuah produk yang sempurna, kualitas  jepretan kameranya masih dibilang kurang bagus dan sistem operasinya masih memiliki gangguan signifikan seperti adanya pop-up.

Bagi pemilik iPad generasi sebelumnya, upgrade kamera yang ada pada iPad masih kurang memuaskan. Anda mungkin akan menggunakan kamera itu jika anda benar-benar sangat memerlukannya. Masih tersedia peralatan pada iPad 2 yang masih memiliki banyak manfaat dari OS dan aplikasi terbarunya.

Ok sob segitu dulu soal iPad 2 semoga informasi ini bermanfaat bagi sobat semuanya meskipun sobat masih belum memilikinya ya..memang belum masuk Indonesia tapi paling tidak informasinya udah dapet. Tetap semangat sobat…jangan lupa untuk komentarnya, klik iklannya dan juga ada yang baru dari blog ini yaitu ikon-ikon PTC yang ada disamping kiri. Kalo sobat ingin ngeblog sambil dapet penghasilan gabung aja dengan PTC disamping dijamin dibayar sob..udah banyak kok buktinya. Oh iya bagi sobat yang belum punya akun di PayPal atau AlertPay udah saya sediakan juga tinggal daftar aja GRATIS…

Satu lagi nich..menu baru diblog ini yaitu Traffic Exchange (tau dong fungsinya untuk blog/website sobat) dan pastinya bisa ngasih penghasilan juga, yang pasti diblog ini sobat ga’ cuman bisa baca informasi soal gadget dan asuransi tapi sobat juga akan mendapatkan penghasilan tambahan. Cukup sediakan 1 tab pada software browser sobat untuk PTC atau Traffic Exchange biarkan dia bekerja dengan sendirinya, maka sobat akan mendapatkan penghasilan. Pastinya maksimalkan kerja komputer sobat untuk mendapatkan penghasilan jangan dibiarkan untuk browsing hal-hal yang buruk ntar bisa ‘Hang’ lho…

Cukup untuk hari ini…sampai ketemu di informasi selanjutnya, tetap semangat dan jangan pernah menyerah. Jangan lupa untuk tetap klik iklan yang saya sediakan di samping kanan karena itu akan membantu blog ini untuk terus berinovasi dan terima kasih kepada sobat semua yang telah memberikan kontribusi dengan mengeklik iklan yang ada.
Wassalammu’alaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...