Jumat, 11 Februari 2011

Keunggulan Android 3.0 (Honeycomb) Season I


Assalammu’alaikum Wr. Wb.

Selamat siang sobat Asuransi Hot News…hari Jum’at nich…weekend nich libur tlah tiba…libur tlah tiba..hatiku gembira. Sudah lama rasanya ga’ ngasih info soal gadget, mohon maaf kepada sobat setia Asuransi Hot News karena minggu kemarin tidak memposting menu gadget mingguan. Minggu ini saya tidak memberikan info gadget kepada sobat semua, karena setelah posting terakhir soal 17 Gadget Terbaik dari event CES kemarin saya tertarik dengan Motorola Xoom. Akan tetapi yang membuat saya tertarik dari gadget itu adalah OS terbaru dari Google yang dipakainya yaitu Android 3.0 atau lebih dengan dengan Honeycomb.

Setelah berjuang kesana-kesini, menjelah dunia maya hari demi hari untuk mendapatkan informasi yang benar-benar maksimal untuk dapat saya persembahkan kepada sobat setia Asuransi Hot News, maka kali ini saya persembahkan sebuah informasi mengenai Honeycomb ini, ya…semoga informasi ini cukup memuaskan keingin tahuan sobat semua dan saya harap ini memang layak untuk ditunggu selama 2 minggu.

Sabar sobat…sabar, karena udah lama ga’ ngobrol jadinya muter-muter gini dech he..he..he..Informasi mengenai Honeycomb ini ga’ hanya buat user-nya saja akan tetapi juga buat pengembang aplikasi untuk OS ini yaa…jadinya panjang semoga sobat tidak bosan membacanya. Agar dapat mengurangi kejenuhan maka akan saya posting 2 kali saja biar ga’ bersambung terus. Sebagai pemanasan, season I ini  akan diulas fitur baru dari Android untuk user/pengguna dan bagi pengembang….udah kalo begitu langsung aja kita ke T.K.P.

Fitur Baru Bagi Pengguna

User Interface Baru Dirancang Untuk Produk Tablet
Android 3.0 adalah versi baru dari platform Android yang dioptimalkan secara khusus untuk perangkat dengan  ukuran  layar yang lebih besar, terutama tablet. Ini  memperkenalkan merek baru, sebuah rancangan User Interface (UI) yang benar-benar virtual dan "holografik", selain modelnya yang sangat elegan produk ini memiliki konten yang terfokus untuk digunakan dalam berinteraksi. Android 3.0 dirancang berdasarkan pada hal-hal yang  orang paling sukai dalam menggunakan Android yaitu multitasking, kaya akan pemberitahuan/informasi, pilihan layar, perangkat aplikasi dan masih banyak lagi, kemudian mengubahnya dengan sebuah interaktif 3D yang sangat bagus sehingga membuatnya tetap familier dalam penggunaannya bahkan lebih baik dari produk Android yang sebelumnya. UI baru membawa  paradigm segar untuk berinteraksi, navigasi, penyesuaian dan membuat mereka dapat digunakan untuk semua aplikasi bahkan  yang dibuat untuk Android versi sebelumnya. Aplikasi yang dibuat untuk Android 3.0 mampu memperluas obyek UI, membuat grafis yang kuat dan kemampuan media untuk melibatkan  pengguna dengan cara-cara baru.

System Bar Untuk Status Global dan Pemberitahuan
Di seluruh sistem dan di semua aplikasi, pengguna memiliki akses cepat ke pemberitahuan, status sistem dan tombol navigasi pada sebuah System Bar yang tersedia di bagian bawah layar. System Bar selalu ada dan ini merupakan tombol kunci bagi pengguna, tetapi yang baru adalah model lampu keluarnya juga bisa dikedipkan untuk tampilan layar penuh, seperti untuk video.

Action Bar Untuk Pengendalian Aplikasi
Dalam setiap aplikasi, pengguna memiliki akses pada pemilihan kontekstual, navigasi, perangkat atau konten jenis lain pada Action Bar yang ditampilkan di bagian atas  layar. Action Bar selalu hadir ketika aplikasi digunakan, meskipun itu pada konten, theme/tema dan properti lainnya yang dikelola oleh aplikasi, bukan oleh sistem. Action Bar juga merupakan tombol kunci yang penting bagi pengguna, terutama saat melakukan suatu tindakan dan melihat menu dropdown, dimana pengguna sering mengakses dengan cara yang sama pada sebagian besar aplikasi.

Pilihan Layar
Lima pilihan layar yang dapat disesuaikan oleh pengguna memberikan akses cepat ke semua bagian sistem dari konteks apapun. Setiap pilihan layar menawarkan jaringan besar yang menjaga tata ruang di semua orientasi. Pengguna dapat  memilih dan memanipulasi perangkat layar, shortcuts aplikasi dan wallpaper dengan menggunakan mode layout visual. Syarat akan visual dan bayangan  meningkatkan visibilitas  ketika mengatur tampilan tata letak shortcuts dan widget. Setiap pilihan layar juga menawarkan akses yang familier untuk semua aplikasi yang telah diinstall, begitu juga dengan kotak pencarian untuk pencarian ke seluruh aplikasi, kontak, media file, konten web dan banyak lagi lainnya.





Recent Apps Untuk Kemudahan Multitasking Visual
Multitasking adalah kunci kekuatan dari Android dan merupakan pusat keunggulan dari Android 3.0. Sebagai pengguna yang menjalankan aplikasi untuk menangani berbagai tugas, mereka dapat menggunakan Recent Apps terbaru di Bar  System untuk melihat tugas yang berjalan dan cepat melompat dari satu konteks aplikasi ke yang lain. Untuk  membantu pengguna agar cepat dapat mengidentifikasi tugas yang terkait dengan masing-masing aplikasi, terdapat daftar yang menunjukkan gambaran dari penggunaan aplikasi terakhir yang ditampilkan.

Desain Ulang Keyboard
Software keyboard Android didesain ulang untuk membuat  teks agar dapat cepat masuk dan akurat pada layar yang lebih besar. Tombolnya dibentuk dan diatur ulang agar dapat memperoleh hasil yang lebih baik dan tombol baru telah ditambahkan,seperti tombol Tab untuk memberikan input  teks yang lebih kaya dan lebih efisien. Pengguna dapat menyentuh lalu menahan tombolnya untuk mengakses  menu dari karakter khusus dan beralih input mode teks /suara dari sebuah tombol di System Bar.

Peningkatan Dalam Pemilihan Teks, Copy Dan Paste
Ketika memasukkan atau melihat teks, UI baru memungkinkan bagi pengguna agar dapat dengan cepat memilih kata dengan cara tekan lalu tahan dan kemudian menyesuaikan daerah pemilihan yang diperlukan dengan men-drag (menyeret) satu set panah ke posisi baru. Pengguna kemudian dapat memilih sebuah tindakan yang diinginkan dari Action Bar seperti copy ke clipboard, berbagi, paste, pencarian atau menemukan halaman web.

Pilihan Konektivitas Baru
Android 3.0 memberikan fitur-fitur konektivitas baru yang dapat menambah fleksibilitas dan kenyamanan bagi pengguna. Sebuah pendukung Media / Foto Transfer  Protocol yang tertanam memungkinkan pengguna langsung tersambung pada file yang berada pada media kamera atau komputer desktop yang terhubung dengan USB, tanpa perlu menancapkan banyak perangkat USB. Pengguna juga dapat terhubung pada keyboard secara penuh melalui USB atau  Bluetooth.  Untuk meningkatkan konektivitas wi-fi, scan combo yang baru dapat mengurangi waktu scan pemeriksaan jaringan dan filter. Dukungan baru untuk konektivitas melalui Bluetooth menjadikannya lebih banyak jenis perangkat yang dapat  berbagi koneksi jaringan pada perangkat Android.





Aplikasi Standart Yang Ada Diperbarui
Android 3.0 juga memperbaharui aplikasi standartnya yang dirancang untuk digunakan pada perangkat layar yang lebih besar. Berikut adalah beberapa keterangan mengenai beberapa fitur baru pada Android seri baru ini :

A. Browser
Browser mencakup fitur-fitur baru yang memungkinkan  pengguna menavigasi dan mengatur lebih efisien. Beberapa tab mengganti jendela browser dan mode "incognito" yang baru memungkinkan browsing anonim. Bookmark dan  history disajikan dan dikelola dalam tampilan yang tunggal. Pengguna sekarang dapat memilih untuk secara otomatis masuk ke situs Google pada browser dengan account yang disediakan dan bookmark yang ada pada Google Chrome. Dukungan multitouch yang baru sekarang tersedia untukJavaScript dan plugin. Pengguna dapat menikmati pengalaman  browsing yang lebih baik di situs-situs non-mobile melalui peningkatan model zoom, viewport, bergulir
secara overflow, juga mendukung pada posisi yang tetap dan masih banyak lagi.

B. Kamera dan Galeri
Aplikasi Kamera telah didesain ulang agar dapat dipergunakan secara maksimal pada layar yang lebih besar  sehingga dapat mengakses lebih cepat dalam memperluas pandangan fokus, flash, zoom, kamera didepan dan banyak lagi. Aplikasi galeri memungkinkan pengguna melihat album dan koleksi lainnya dalam modus layar penuh, dengan akses mudah ke thumbnail untuk foto lain dalam koleksi.

C. Kontak
Aplikasi kontak menggunakan dua arah panah UI yang baru dan cepat untuk membiarkan pengguna dengan mudah  dapat mengatur dan mencari kontak. Aplikasi ini menawarkan perbaikan pada format nomor telepon internasional sebagai jenis pengguna, berdasarkan Negara asal dan pustaka kesamaan nomor internasional. Informasi kontak yang disajikan dalam bentuk sebuah kartu seperti UI, sehingga memudahkan pengguna untuk membaca dan mengedit kontak.

D. Email
Aplikasi email juga menggunakan dua arah panah UI baru untuk membuat tampilan dan mengatur pesan lebih efisien. Aplikasi ini memungkinkan pengguna memilih satu pesan atau lebih, lalu pilih tindakan dari Action Bar, seperti memindahkan mereka ke folder. Pengguna dapat lampiran sinkronisasi untuk kemudian melihat dan melacak email menggunakan widget (perangkat) layar.







Fitur Baru Bagi Pengembang

Kerangka Baru Untuk Membuat Aplikasi Tablet Besar

Activity Fragment Untuk Kontrol Konten Yang Lebih Besar Dan Fleksibilitas Desain
Dimulai dengan Android 3.0, pengembang dapat membagi  aktifitas aplikasi mereka ke dalam sub komponen yang disebut Fragmen, kemudian dengan berbagai cara  menggabungkannya agar lebih bervariasi dalam menciptakan suatu pengalaman yang lebih interaktif. Sebagai contoh sebuah aplikasi dapat menggunakan Fragmen untuk membuat multi panel yang nyata, dengan begitu pengguna bisa lebih berinteraksi dengan masing-masing panel yang independen. Fragmen  dapat ditambahkan, dihapus, diganti dan dibuat semacam animasi dalam sebuah aktifitas yang dinamis, dan juga dalam modul mereka dapat digunakan kembali di beberapa aktifitas sesuai keinginan. Dikarenakan mereka merupakan sebuah modular, maka Fragmen-nya juga menawarkan cara yang efisien bagi para pengembang untuk membuat aplikasi yang dapat berjalan dengan baik di layar yang lebih besar maupun pada layar yang lebih kecil.

Perangkat Yang Desain Ulang
Pada Android 3.0 ini menawarkan serangkaian update  perangkat yang dapat digunakan oleh pengembang untuk dapat cepat menambahkan konten aplikasi jenis baru mereka kedalam sistem ini. Sebuah perangkat baru yang didesain ulang untuk digunakan pada layar yang lebih besar seperti tablet dan menggabungkan tema holografik  baru. Beberapa jenis perangkat baru yang tersedia,  termasuk tumpukan 3D, kotak  pencarian, tanggal / pemetik waktu, jumlah pemetik, kalender, menu popup dan lain-lain. Sekarang sebagian besar perangkat yang didesain ulang dapat digunakan sebagai tampilan dalam perangkat aplikasi  yang ditampilkan pada layar. Sedangkan untuk aplikasi yang dibuat untuk versi sebelumnya dapat digunakan dalam tema dan widget baru ini.

Perangkat Layar
Perangkat layar sangatlah populer bagi pengguna Android karena mereka menawarkan akses cepat ke aplikasi data khusus langsung dari layar utama. Android 3.0 memungkinkan pengembang untuk mengembangkan perangkat layar ini ke tingkat berikutnya, menawarkan lebih banyak konten dan cara baru dalam berinteraksi dengan pengguna. Pengembang sekarang dapat menggunakan jenis perangkat layar yang lebih dari standarnya, termasuk perangkat yang memungkinkan pengguna membolak-balik konten koleksi dalam bentuk tumpukan 3D, grid atau daftar. Pengguna dapat berinteraksi dengan perangkat layar  dengan cara baru, seperti dengan menggunakan isyarat sentuhan untuk mengulir dan membalik konten yang ditampilkan dalam perangkat.

Persistent Action Bar 
Platform ini menyediakan setiap aplikasi dengan instansi Action Bar sendiri pada bagian atas layar, aplikasi yang dapat digunakan untuk memberikan pengguna akses lebih cepat ke pilihan kontekstual, perangkat, status, navigasi, dan banyak lagi. Aplikasi ini juga dapat menyesuaikan tampilan tema dalam Action Bar secara langsung. Action Bar memungkinkan pengembang mengekspos lebih banyak fitur dari aplikasi mereka kepada pengguna di lokasi yang telah familier bagi pengguna, sementara itu juga dapat menjadi pemersatu dalam penggunaan aplikasi yang meliputi beberapa aktifitas atau negara. 

Kaya Akan Pemberitahuan
Pemberitahuan adalah bagian penting bagi pengguna Android karena mereka membiarkan aplikasi menampilkan kunci pembaruan dan informasi status ke pengguna secara langsung. Android 3.0 memperluas kemampuan ini, membiarkan pengembang untuk memperkaya konten dan mengontrol properti. Sebuah kelas perancangan baru memungkinkan pengembang segera membuat pemberitahuan yang menyertakan ikon besar dan kecil, judul, bendera prioritas dan setiap properti sudah tersedia dalam versi sebelumnya. Pemberitahuan dapat menawarkan lebih banyak jenis konten dengan merancang pada perluasan perangkat dimana hal ini telah tersedia sebagai tampilan.

Multiselect, Clipboard dan Drag-and-Drop

Pada platform Android ini menawarkan mode kenyamanan baru dalam berinteraksi yang dapat digunakan oleh pengembang. Untuk mengelola koleksi dalam bentuk daftar  atau grid, pengembang dapat menawarkan modus multi select baru yang memungkinkan pengguna untuk memilih beberapa tindakan. Pengembang juga dapat menggunakan sistem baru Clipboard yang luas untuk membiarkan pengguna dapat dengan mudah menyalin setiap jenis data yang masuk dan keluar dari aplikasi mereka. Untuk memudahkan pengguna untuk mengelola dan mengatur file, pengembang sekarang dapat menambahkan interaksi drag-and-drop melalui kerangka DragEvent.



Nah...itu oleh-oleh dari perjalanan saya, semoga bermanfaat bagi sobat setia Asuransi Hot News jangan lupa untuk mengikuti season II-nya.


Tetaplah mengikuti blog ini, karena saya akan selalu memberikan informasi gadget yang hot abis, jangan pernah menyerah untuk mencari informasi. Pesan terakhir dari saya tetaplah semangat, jangan lupa untuk memberikan komentar sebelum meninggalkan blog ini dan juga yang paling penting adalah klik terus iklannya lalu tinggalkan pesan (tapi jangan pesan bodong ya..alias bohong kalo udah klik iklan)...pasti akan saya balas klik iklanmu juga. Apabila iklannya masih loading biarkan sampai selesai dulu yach...baru kemudian di tutup. Kalo sobat ingin baca artikel yang memotivasi diri kunjungi aja blogku di www.artikelkuhot.blogspot.com


Terima kasih atas kunjungan, komentar dan klik iklannya dengan begitu sobat telah ikut berpartisipasi untuk perkembangan blog ini, sekali lagi jangan lupa minggu depan ikuti season II dari segmen Android 3.0 ini dan pastinya akan lebih seru lagi. 


Wassalammu'alaikum Wr. Wb.




Bersambung................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...