Senin, 20 Desember 2010

iPhone 4, Generasi Terbaru Smartphone Apple

Selamat siang sobat Asuransi Hot News semua…senang jumpa lagi dalam channel gadget minggu ini, seharusnya ini saya posting kemarin minggu tapi ternyata ini belum kelar jadi baru hari ini bisa diposting, mohon maaf sebelumnya karena ketidak nyamanan adanya keterlambatan posting gadget, sobat semua pasti menantikan dan bertanya-tanya kenapa tidak ada postingan gadget baru kemarin, semoga gadget ini membayar keterlambatan posting kemarin.

Masih belum bosan khan …gimana Motorola Defy kemarin…oks banget pastinya. Sebenarnya kali ini mo posting laptop tapi takut kalo sobat masih bosan...jadi saya posting gadget ponsel ato smartphone lagi untuk minggu ini.

Gadget satu ini sudah pasti gak kalah seru dan pastinya sobat semua mungkin masih belum tahu kemampuannya, cuman namanya aja yang sudah pasti hampir semua orang pernah mendengarnya…siapa juga yang ga’ kenal dengan produk Apple ini.

Penasaran khan…pastinya sudah ngga’ penasaran dengan gadgetnya, apa lagi dari judul postingannya sobat Asuransi Hot News udah tahu…. Saya persembahkan iPhone 4 sebagai gadget minggu ini, kali agak panjang dari biasanya lho sob…saya harap jangan bosan ya..soalnya saya pingin tahu sedetail-detailnya mengenai gadget ini…soo check this out sobat…never miss a thing

Pada kenyataannya peluncuran produk Apple yaitu iPhone 4 ini merupakan yang paling sukses, meskipun terdapat beberapa kendala yang ada. Kita telah mendengar server Apple dan AT & T kelebihan beban pada hari pertama pre-order produk ini, pengiriman barang dipercepat karena permintaan yang tinggi dan penggemar yang fanatik mengantri luar perusahaaan Apple seminggu sebelum handphone ini tersedia. Masih banyak hal yang bisa diangkat dan iPhone 4 telah melakukannya dengan baik, dengan fitur seperti A4 CPU yang memiliki kemampuan super cepat, kamera baru yang menghadap ada didepan dan kamera 5 megapiksel di bagian belakang untuk memotret, ini merupakan suatu desain yang benar-benar baru dan memiliki Retina Display yang mengagumkan. Hal ini menyebabkan timbul pertanyaan, mampukah iPhone 4 ini bisa menjadi sebuah trend dan mampukah dia memperkuat posisi Apple dipasar gadget mengingat kompetisi yang semakin ketat seperti Google dan Microsoft yang mulai merambah pada pasar smartphone. Semoga ini dapat menjawab semua pertanyaan yang ada.

Perangkat keras
Mungkin perubahan yang paling terkenal dengan iPhone baru ini adalah perbaikan desain yang sangat drastis - Apple tampaknya telah benar-benar memperkuat strateginya dengan bagaimana telepon harus terlihat dan terasa, dan hasilnya adalah sesuatu yang tidak mencolok.
Berikut keterangan dari perangkat kerasnya :

A. Desain
Dalam catatan wawancaranya, Steve Jobs menyamakan desain iPhone 4 dengan sebuah “Leica” kamera tua yang cantik dan ternyata perkataannya tidak melenceng. Alih-alih mengubah penampilan, model plastik, atau berwarna perak-bezeled seperti pada iPhone 3G dan 3GS, perusahaan telah mengubah wajah casing dan perangkatnya menjadi sesuatu yang jelas lebih rinci dan canggih. Dari estetika desain sampai proses pembangunan yang sebenarnya, Jony Ive dan timnya telah menyesuaikan dengan apa yang kita harapkan dari iPhone, muncul dengan sesuatu yang jelas, kembali dengan desain retro-future dari Dieter Rams sebagai desainernya. iPhone 4 dibuat dari tiga bagian dasar : dua potongan yang halus, kaca yang sangat kuat dan sebuah stainless steel yang membungkus di sekelilingnya, sisi atas dan bawah telepon. Efek dari 3 hal tersebut adalah terlihat bersih akan tetapi tampak tidak sederhana dan Apple telah menambahkan detail kecil, seperti tombol volume (yang digunakan untuk pengeraskan suara kini dipisahkan menjadi lingkaran dengan label + dan -) dan sebuah tombol yang dibalut metal berfungsi untuk meningkatkan sinyal radio. Ponsel ini terasa lebih tipis dari 3GS dengan 0.48 inch sedangkan iPhone 4 hanya 0.37 inchi, namun beratnya sama yaitu 4,8 ons sehingga seluruh paket tampak lebih ketat dan padat. Rasanya besar di tangan Anda, dengan bobot yang baik, meskipun mungkin memerlukan sedikit waktu untuk membiasakan dengan model melingkar yang ada dibelakang jika Anda pernah menggunakan 3G atau 3GS.

Kita tidak bisa memungkiri seberapa mutakhirnya desain dari iPhone 4. 3GS sekarang terasa murah dan gemuk jika dibandingkan dengan iPhone 4 dan bahkan ponsel seperti HTC Droid Incredible yang baru saja keluar, tampak seperti generasi terakhir.

Layar perangkat terdiri dari kaca yang sangat kuat, dimana Jony Ive mengatakan bahwa layarnya memiliki kekuatan yang sebanding dengan kristal safir, namun memiliki kekuatan 30 kali lebih keras daripada plastik." Sebuah celah kecil untuk lubang suara dan kamera menghadap ke depan yang tertanam dalam kaca di atas layar, dengan tombol home yang akrab – tercatat terdapat lebih banyak menu jika disbanding pada 3GS. Di sisi kiri ponsel terdapat tombol volume baru, sebuah tombol mute yang didesain ulang dan terdapat lekukan kecil yang terdapat dibawah ponsel. Di sisi kanan terdapat slot Micro SIM dan pada bagian atas ada tombol power on/off, jack headphone, takik lain dan mikrofon noise-canceling baru. Sepanjang bagian bawah terdapat speaker, mikrofon dan 30 pin connector port. Bagian belakang telepon terbuat dari jenis yang sama dengan bagian depan yaitu dari kaca ultra-kuat, kamera lima megapiksel baru serta didampingi oleh LED flash dan tentu saja sudah pasti terdapat logo Apple juga.

Secara keseluruhan desain iPhone 4 berkelas diatas hampir semua smartphone yang ada di pasar gadget sekarang. iPhone 4 hadir seperti sebuah perangkat yang jauh lebih mahal seperti Mobiado atau Vertu, tetapi dirancang lebih baik. Dan ini bukan hanya dari tampilan ponsel saja, akan tetapi dari bahannya terasa seperti ponsel premium dalam genggaman Anda. Jika Anda memilikinya, pastinya Anda akan merasa takut akan kehilangan atau bahkan menjatuhkannya tanpa sengaja, karena ini adalah gadget yang benar-benar mempesona dan mengagumkan.

B. Internal
Ini bukan hanya wajah dari ponsel yang mengalami transformasi, tetapi semua yang terdapat didalam iPhone 4 baru juga. Sebagai permulaan, Apple telah pindah dari Samsung ARM Cortex-A8 berbasis CPU yang digunakannya dalam 3GS menjadi menggunakan chip A4 yang digunakan dalam iPad. Sementara Apple belum mengatakan clock speed prosesor ini, beberapa penguji menebak clock speed-nya 1GHz, hal ini dipuji karena menjadi kerabat dari produk tablet. Ponsel ini jelas lebih baik dari 3GS, grafisnya tampak lebih cepat dan responsif secara keseluruhan sedikit lebih tinggi, meskipun saat dilakukan penutupan aplikasi tidak dapat langsung bersamaan. Ini pasti lebih cepat, tetapi lompatan kecepatannya tidak terlihat seperti saat 3G menjadi 3GS.

Seperti biasa, Apple tidak mempublikasikan tentang RAM-nya pada awal peluncuran, jadi diperkirakan dengan kemampuannya iPhone 4 ini telah memiliki RAM 512MB onboard, ini merupakan sebuah langkah besar dimana pada model iPhone sebelumnya masih menggunakan RAM 256MB yang juga digunakan oleh iPad. Akan lebih baik lagi jika Apple menanamkan RAM sebesar 1GB, yaa…mungkin di produk iPhone berikutnya kali ya…. Selama stock masih lancar, Anda dapat membeli iPhone baru di dengan kapasitas 16GB seharga USD 199 atau 32GB seharga USD 299 (harga saat di Amerika pada awalnya), tapi karena perusahaan baru saja memperkenalkan perekam video 30FPS 720P yang terdapat pada iPhone 4, maka harga menjadi naik cukup cepat. Ini agak aneh, pada kenyataannya bahwa Apple tidak menggandakan kapasitasnya menjadi 64GB, seperti yang baru-baru ini dilakukan dengan iPod touch-nya. Dalam hal nirkabel, iPhone 4 dikemas dengan radio WiFi 802.11n, serta quad-band HSUPA (High Speed Uplink Packed Access) chip dan Bluetooth 2.1.

Dengan casing yang didesain ulang memungkinkan untuk menanamkan baterai lithium-ion yang jauh lebih besar, sehingga dapat meningkatkan kemampuan baterai, meskipun demikian baterainya masih tidak mudah untuk diganti. Selain itu, ponsel baru ini memiliki dua kamera baru (VGA depan, kamera lima megapiksel dengan lampu kilat LED di belakang), terdapat mikrofon kedua yang digunakan untuk melawan kebisingan yang ada saat Anda menerima atau menelpon (mirip dengan Nexus One), tertanam sebuah gyroscope sebagai tambahan dari standar accelerometer, sensor cahaya dan sensor jarak. Seperti 3GS, sebuah chip AGPS dan kompas yang juga ada digabung di suatu tempat dalam bingkai kecil.

Tentu saja, cerita adanya hardware internal kini telah menjadi eksternal: yaitu antena UMTS, GPS, WiFi, dan Bluetooth. Apple telah membuat balutan steel disekitar telepon dimana terdapat beberapa antena besar didalamnya dan sepertinya mereka melakukan pekerjaan yang cukup baik dalam menggantungkan sinyal radio itu.

C. Tampilan
Sekarang Anda harus tahu bahwa semua yang ada pada iPhone 4 adalah baru, termasuk juga tampilannya. Apple memakai LED backlit, layar 960 x 640 IPS atau biasa disebut "Retina Display" karena resolusi tinggi dan kerapatan pixel. Ukuran layarnya 3,5 inch sama dengan yang sebelumnya, akan tetapi memiliki kepadatan pixel 326ppi dengan rasio kontras 800:1 ini gila habis sob... Steve memberikan nilai tambah dengan memberikan sentuhan ilmu pengetahuan di balik teknologi ini, dengan mengklaim bahwa resolusi layarnya merupakan puncak dari apa yang dipahami oleh mata manusia. Ada beberapa perdebatan mengenai layar yang diklaim unggul oleh Steve, akan tetapi benar atau tidaknya perdebatan yang ada menurut beberapa penguji mengatakan bahwa tidak pernah ada layar yang lebih rinci, jelas atau yang dapat dilihat dengan baik dari perangkat mobile yang ada saat ini..

Bukan hanya kaya akan warna dan hitam yang kelam, tetapi secara kasat mata Anda tidak akan bisa melihat pixels pada layar. Jika Anda mengambil beberapa gambar dari kamera makro atau menampilkannya di sana Anda dapat membuat mereka tampak keluar, tetapi ini digunakan secara umum, layar bebas dari berkedip atau gangguan lainnya, kecuali Anda sedang melihat sebuah aplikasi generasi terakhir yang artwork-nya masih belum diperbarui. Pada iPhone 4 tampilan teks sangat jelas dan bersih, saat di zoom halaman web muncul baris demi baris saat diperbesar jika kita menggunakan 3GS akan tetapi hal tersebut tidak terjadi pada iPhone 4, meskipun itu teks berukuran kecil. Ini mengesankan dan sangat mengesankan lagi ketika Anda melihat grafis yang memiliki resolusi lebih tinggi atau menonton video dengan resolusi 720p pada ponsel, detail dalam gambar bergerak sangat tajam. Yang bagus adalah sebagian besar aplikasi memiliki petunjuk teks didalamnya (selama menggunakan font dari Apple), pengguna mendapatkan keuntungan meskipun mereka masih belum update teknologi. Teks dalam situs website misalnya, tampak bersih, jelas, dan lebih mudah untuk dibaca pada iPhone baru.

Karena Apple menggunakan IPS dan teknologi LED untuk layarnya sehingga dapat menghilangkan silau pada layar iPhone 4 saat digunakan diluar ruangan pada siang hari dan pada cahaya rendah ataupun pada sudut pandang yang ekstrim masih tetap bagus.
Secara keseluruhan Anda tidak akan menemukan tampilan yang lebih baik di ponsel dan itu bukan hanya omong kosong.

D. Kamera
Kamera pada iPhone baru akan menjadi topik perdebatan, karena hal ini telah menjadi daerah di mana Apple lambat untuk berinovasi. 3GS memiliki kamera dengan resolusi tiga megapiksel dengan beberapa lonceng dan peluit (tidak ada flash), itu tidak dapat menjadi alat bagi seorang seniman dengan cara apapun. Pada akhirnya Apple mendengarkan publik yang tertarik untuk meninggalkan kamera makro di rumah demi sebuah ponsel berkamera, dengan menambahkan kamera lima megapiksel dibagian belakang dari iPhone 4 dan sebuah kamera VGA didepan.

Pertama mari kita lihat kamera utama dengan resolusi yang tinggi. Pada WWDC keynote-nya, Jobs mengatakan bahwa untuk mendapatkan gambar yang tampak hebat tidak hanya dengan meningkatkan pixel kamera, tetapi lebih berkaitan dengan pengambilan photon yang banyak. Meningkatkan jumlah photon, mendapat lebih banyak cahaya dan gambar Anda akan terlihat lebih baik, pemikiran itu sepertinya diwujudkan. Apple menggunakan sensor belakang baru yang diterangi juga lebih sensitif terhadap cahaya di samping meningkatkan pixel mereka dan hasil gambarnya dapat dikatakan tampil memukau. Beberapa jepretan foto yang dihasilkan saat dicoba, hasilnya lebih baik jika diluar ruangan, muncul masalah ketika melakukan focus atau dengan cahaya rendah. Saat lampu flash dinyalakan, ditemukan bahwa beberapa gambar hasilnya agak pecah (ini cukup umum saat flash LED berkedip lebih kecil) meskipun mengesankan iPhone 4 biasanya dapat mengambil foto yang dapat digunakan dan bahkan dapat terlihat bagus dalam cahaya cukup rendah meskipun tanpa lampu flash. Sepertinya situasi photon pasti bermain, karena meskipun jepretan diambil dalam pencahayaan yang cukup gelap hasilnya terlihat baik. Autofocus bekerja dengan baik dalam berbagai situasi dan benar-benar bisa mendapatkan beberapa gambar makro yang mengesankan. Secara umum, tidak ada kesulitan menggunakan kamera iPhone 4 sebagai pengganti sebuah kamera khusus. Tidak hanya dapat mengambil gambar yang indah, tetapi A4 dan IOS 4 combo dapat mempercepat waktu pengambilan gambar, bahkan hampir seketika itu juga. Selain itu, Anda punya pilihan dengan 5x digital zoom (yang hasilnya terlihat seperti digital zoom) dan dengan pengaturan dasar lampu flash yaitu on / off / auto. Terdapat beberapa pilihan dasar seperti pengaturan white balance tapi ini hal biasa. Untungnya toko aplikasi penuh dengan aplikasi yang dapat meningkatkan aplikasi kamera, diharapkan dikemudian hari terdapat sensor baru yang mudah digunakan.

Sejauh perkembangan video, Anda pasti terkesan oleh penangkapan gambar 720p, meskipun ada masalah dengan stabilitas lensa dan semua terlalu umum dimana info mengenai "jellyvision" CMOS yang cenderung membuat terus terpikir jika Anda tidak memegang ponselnya dengan benar. Namun, kita tidak bisa terus-menerus membawa HD Flip bukannya menyimpannya di dalam saku (meskipun kita memikirkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar). Segala sesuatu yang difoto tampak tajam dan halus bebas dari hal yang mengganggu, Apple juga mengklaim Anda tidak akan melihat adanya cegukan dengan resolusi 30 APS yang ada, bahkan dalam cahaya rendah. Menambahkan campuran iMovie untuk editing merupakan sebuah sentuhan yang bagus juga (untuk keterangannya pada sesi software).

Didepan, terdapat kamera VGA. Kamera ini benar-benar melakukan pekerjaannya dengan baik dalam menangkap wajah Anda selama panggilan video dan bekerja dengan sangat baik dalam cahaya rendah, tapi itu tidak akan menjadikannya pengambil gambar yang paling maju pada handset. Kamera ini menyediakan beberapa pilihan sudut yang menarik saat digunakan untuk mengambil gambar dan berharap akan banyak orang yang akan mendapatkan keuntungan dengan adanya permainan yang agak aneh. Semua itu kelihatan bagus dan cukup bermanfaat.

E. Speaker / Lubang Suara
Pada iPhone sebelumnya tidak memiliki kekurangan maupun masalah yang berarti (speakerphone tidak pernah cukup keras untuk selera kita), tapi jelas bahwa Apple telah melakukan beberapa pekerjaan untuk dapat meningkatkan kualitas panggilan dan kualitas speakerphone. Selain membuat ponsel menjadi lebih diperhitungkan dan membuat suaranya agar tetap konsisten keras di kedua tempat, iPhone 4 secara mencolok meningkat dari generasi sebelumnya. Beberapa orang berfikir bahwa Motorola Droid memiliki beberapa komponen sound terbaik yang pernah didengar di ponsel dan iPhone 4 memberikan suara yang lebih dari Droid. Dengan adanya noice-canceling yang baru dapat terbantu dalam mendengarkan suara di saat mendapat atau membuat panggilan, sebising apapun itu bahkan saat sebuah sirine meraung dibelakang Anda sekalipun tidak akan menurunkan suara yang diterima maupun yang keluar dengan sempurna. Ada perbedaan yang jelas ditelinga pada ponsel baru dengan versus 3GS dan ini menimbulkan persaingan yang sangat ketat dengan produk yang lebih baru seperti EVO. Selama speakerphone dapat berjalan degnan baik, suara akan tetap keras tanpa ganguan ataupun penurunan fungsi, hal ini sering menjadi masalah pada beberapa ponsel baru. iPhone 4 ini bisa dikatakan memiliki kualitas yang sama dengan Blacberry Bold.

Software/Perangkat Lunak
Seperti pada produk ponsel yang telah direvisi dari Apple lainnya, hardware hanya setengah dari cerita. Seiring dengan iPhone 4 datang pula IOS 4, OS pada iPhone yang telah diperbaharui menawarkan banyak fitur baru, dimana lebih banyak fitur versi multitasking smartphone yang sangat kental dengan Apple, fitur video calling dijuluki FaceTime, adanya folder sehingga Anda dapat mengatur aplikasi Anda, e-mail yang telah ditingkatkan dan banyak icon lainnya baik besar ataupun kecil yang dapat meningkatkan pengembangan OS dari Apple ini. Sebagai tambahan, Apple telah memberikan iBooks iPad ke layar yang lebih kecil dan telah menciptakan sebuah versi baru dari iMovie terpopuler hanya untuk iPhone 4. Secara keseluruhan, OS masih sangat banyak yang sama dan selalu seperti itu, tapi ada beberapa perubahan besar seperti pada keterangan berikut :

A. Multitasking
Ini yang paling penting dan lebih dari sekedar hanya sebuah kontroversi. Karena sejak awal adanya aplikasi untuk iPhone, orang telah merasakan adanya kejanggalan pada aplikasi background yang didapat dari pihak ketiga saat ponsel sudah ada ditangan mereka. Tentu, Anda bisa menyimpan Mail, Safari, iPod dan beberapa program milik Apple disaat Anda menggunakan ponsel Anda, tetapi untuk aplikasi dari pihak ketiga Apple tidak bertanggung jawab karena itu merupakan hak istimewa bagi mereka saat dipasang pada perangkat Anda. Ini tidak dapat dipungkiri bahwa suatu keinginan untuk meiliki fitur yang lain merupakan salah satu pendorong sehingga sebuah ponsel dapat memiliki kemampuan iPhone dikarenakan hal tersebut. Ada argumen dari Apple yang mengatakan bahwa dengan melakukan multitasking dalam jumlah yang berlebihan dapat menguras baterai dari ponsel sehingga harus lebih hati-hati, jangan sampai kita kehabisan baterai saat ponsel digunakan. Apple telah memiliki mode gayanya sendiri, Anda harus tahu bagaimana melakukan multitasking yang benar Ini mungkin tidak "benar" multitasking memang disediakan untuk kita semuanya, tetapi hanya sebagian besar dari kita saja yang mengunakan multitasking. Artinya, terlihat, terasa dan bertindak seperti multitasking, jadi ini tangguh hingga tidak ada yang perlu dikeluhkan tentang hal itu. Kenyataannya bahwa beberapa aplikasi favorit yaitu IRC menjadi salah satunya dari hal tersbut, ini tidak hanya tentang apa yang kita butuhkan dan mereka melakukannya, semua berdasarkan pada aturan dan regulasi dari Apple. Kembali pada OS yang baru, dengan mencoba IRC tetap berjalan sebagai background. Sekarang mencoba salah satu aplikasi API yang baru, pengembang Colloquy telah menciptakan sebuah solusi yang cukup elegan dan berguna bagi pengguna. Intinya adalah kedua aplikasi dapat berjalan dengan baik dan tanpa menguras baterai.

Jadi bagaimana Apple membuat keajaiban ini terjadi? Berikut rincian persis bagaimana multitasking benar-benar berarti pada iPhone baru (dan 3GS) :

- Aplikasi Fast Switching: Anda tahu bagaimana rasanya saat anda sedang mengetik balasan email kemudian anda menutupkan karena ada keperluan lain dan saat ingin melanjutkannya pasti anda ingin kembali ketempat itu untuk meneruskannya? Nah keinginan Anda itu sekarang sudah terwujud. Ketika Anda menutup sebuah aplikasi, saat anda kembali bisa di tempat yang persis sama saat anda menggunakannya. Dan itu bisa terjadi dengan cepat. Aplikasi Fast Switching pada dasarnya adalah seperti sebuah tuas, aplikasi yang di "pause". Hal ini dikombinasikan dengan tombol aplikasi baru oleh Apple (dua kali tekan tombol home untuk membuka aplikasi yang terakhir digunakan) akan sangat mengesalkan jika kita menggunakan iPhone tapi masih terus keluar masuk aplikasi berulang-ulang. Kini perasaan itu tidak ada lagi, asalkan semua aplikasi Anda up to date, dimana hal ini yang akan memakan waktu tentunya. Sungguh menakjubkan betapa banyak fitur seperti ini, itu pasti salah satu penggerak utama di sini dan itu sangatlah sederhana. Anda akan senang dapat melihat pilihan aplikasi favorit Anda dapat diprioritaskan, hanya dengan menempatkan apapun yang sering Anda gunakan pada tempat disebelah kiri yang disediakan

- Task Completion: Pada dasarnya, task completion memungkinkan sebuah aplikasi menyelesaikan tugasnya meskipun saat Anda tinggalkan. Jadi jika Anda meng-upload atau men-download gambar di Evernote atau Dropbox atau menyimpan sebuah artikel di aplikasi New York Times, bahkan jika Anda tinggal pergi, begitu anda kembali ke aplikasi tersebut pekerjaan itu telah diselesaikannya. Akun yang banyak ini digunakan seperti yang kita fikirkan yaitu multitasking. Sebagian besar aplikasi bisa dikatakan pemalasan, ini dapat dilihat bahwa hanya saat Anda berinteraksi dengan aplikasi itu maka aplikasi tersebut akan bekerja. Kita tidak tahu batas-batas untuk API ini, meskipun tampaknya meninggalkan banyak ruang bagi pengguna yang kreatif. Kita tahu ini bukan hanya pekerjaan besar juga bukan pekerjaan kecil, fitur Colloquy digunakan agar Anda tetap terhubung ke host IRC. Sejujurnya, perilaku semacam itu merupakan satu hal yang seharusnya tidak kita lihat di iOS 4, tapi hal ini ada. Semoga aplikasi Twitter dan instant messaging lainnya akan menggunakan API dengan cara yang sama.

- Background Audio dan VoIP: Pembahasan yang kedua ini langsung saja. Yang pertama memungkinkan untuk memainkan aplikasi musik untuk djadikan latar belakang (dan bahkan memberi mereka kontrol widget kecil pada aplikasi switcher) dan yang kedua memungkinkan koneksi VoIP untuk tetap aktif. Itu berarti Anda dapat tetap berada di panggilan Skype dan memeriksa email Anda, tetapi berarti juga bahwa koneksi VoIP akan terus siaga menunggu panggilan masuk saat Anda tidak aktif menggunakan aplikasi. Selain itu, API ini dapat digunakan untuk merekam bahkan jika Anda keluar dari aplikasi, seperti yang ditunjukkan secara efektif dalam versi baru Evernote.

- Background GPS: Pada dasarnya, aplikasi GPS dapat tetap berjalan ... untuk alasan yang jelas. Yang satu ini akan menguras baterai Anda jika Anda tidak tersambung, tetapi siapa yang menggunakan aplikasi GPS dan tidak menyambungkannya?. Sayangnya, ini akan menjaga software navigasi Anda tetap mengapung meskipun saat Anda menerima telepon dan tampaknya akan membiarkan aplikasi GPS-centric seperti FourSquare masuk, bahkan jika Anda tidak menggunakannya.

Apple menggabungkan aplikasi yang sedang menjadi hit dengan trik yang lebih akrab, seperti push notifications dengan efek yang sangat bagus. Kita tahu bahwa pengguna hardcore akan menangis karena banyak dari ini tidak dapat berjalan secara multitasking sebenarnya, tapi kita juga tahu bahwa seringkali solusi dari sebuah masalah muncul dengan berbagai warna. Apple menemukan jalan keluar di iOS 4 untuk memecahkan sejumlah masalah utama di departemen ini dan sejauh apa yang telah kita lihat adalah sangat menjanjikan. Sesuatu yang baik akan terus menjadi lebih baik itulah Apple.

B. FaceTime
Jika Anda tidak tahu apa-apa tentang video calling (panggilang video), Apple pasti akan meyakinkan Anda bahwa mereka hanya meningkatkan dan menemukan konsep berdasarkan Jetsons yang dinilai terlalu futuristik untuk TV. Tentu saja, bahwa kebenaran ada di banyak tempat lainnya, video calling pada smartphone bukanlah hal baru. Bahkan, di sebagian besar Eropa dan Asia, teknologi ini sudah usang. Tetapi Apple tidak akan membiarkan hal kecil menghalangi pemasarannya dan dalam sedikit pembelaan mereka, masih belum ada yang membawa video calling ke khalayak dengan efektif. (Salah satu editor Eropa mengatakan bahwa dia sudah sepuluh tahun tanpa melihat siapa pun melakukan video calling dari hutan). Meskipun hal ini mungkin sebuah pandangan ilmiah, hal itu menunjukkan bahwa tidak cukup hanya dengan memiliki teknologi, tetapi fitur harus dijual kepada masyarakat.

Apakah Apple juga melakukannya? Mungkin dan mungkin juga tidak. Kita tentu terkesan dengan konsep dan kemauan Apple untuk terbuka mengenai "FaceTime standar" kepada siapa saja yang ingin mengetauinyai. Itu berarti bahwa pengembang dengan platform apapun asalkan mereka dapat memenuhi semua persyaratan yang diperlukan, dapat membuat aplikasi yang berbicara melalui protocol yang ada. Beberapa penguji gadget ini pun terkesan dengan teknologi itu sendiri, yang terasa dipoles dan licin. Tapi sekarang, hanya ada satu cara untuk melakukan panggilan FaceTime, dan itu melalui iPhone 4 ... dan hanya melalui WiFi, yang berarti bahwa kesempatan untuk membuat panggilan ini cukup terbatas untuk saat ini. Selain itu, untuk melakukan itu Anda harus benar-benar memiliki sinyal yang baik dan kuat, sehingga mendekat pada sinyal WiFi untuk dapat terus tersambung. Jika sinyal WiFi kurang kuat akan menimbulkan gambar menjadi diam atau biasa disebut freeze dan juga harus dalam jangkauan WiFi bahkan untuk melakukan tugas-tugas yang paling dasar sekalipun. Terlihat jelas bahwa video chatting iPhone bergerak hanya sekitar beberapa bit saja, namun. Apa yang baik tentang FaceTime adalah tidak seperti Qik atau pilihan pihak ketiga lainnya seperti EVO, tidak ada pengaturan disini dan itu benar-benar terintegrasi ke dalam dialer ponsel, artinya salah satu penyebab terputusnya sambungan adalah berdasarkan pada kekuatan sinyal WiFi.

Tapi bagaimana rasanya? sejujurnya, itu sebenarnya sedikit amat menakjubkan. Ya, sedikit mati rasa untuk PR berbicara mengenai perubahan permainan, tapi masih ada sesuatu yang sangat sci-fi, dengan menggengam ponsel ditangan lalu menghubungi teman dan melakukan video chat. Ini merupakan cara baru untuk menghubungi seseorang, kita dapat malihat fitur ini datang bermain dengan berbagai cara dalam hidup kita

Secara teknis, sebenarnya membuat panggilan sangat mudah, Anda dapat beralih ke FaceTime disaat Anda sudah tersambung atau Anda diberikan kepada pilihan untuk memulai koneksi langsung ke FaceTime. Anda hanya dapat menonaktifkan audio saat Anda menelpon, jika Anda ingin video dimatikan, Anda hanya perlu untuk menutup lensa dengan cara lama yaitu dengan tangan Anda.

Semua mengatakan bahwa ini adalah sebuah penyertaan yang menarik dan ada kecurigaan bahwa Apple berniat untuk melakukan lebih dari sekedar panggilan dasar dengan ini.Sudah jelas bahwa adanya tambahan konferensi FaceTime akan menjadi besar dan juga Anda dapat menggunakan fungsi jaringan 3G dimana hal tersebut bagus untuk mengobrol dari rumah Anda, akan tetapi apa yang dapat membuatnya besar dengan melakukan perbincangan melalui internet. Terdapat sebuah pemikiran bahwa dengan adanya sedikit pengembangan pada platform-nya akan membuat FaceTime menjadi sedikit lebih menarik, ini merupakan rasa ingin tahu, tetapi bisa menjadi sesuatu yang lain sama sekali dengan sedikit waktu.

C. Folder
Apa yang dapat Anda katakana tentang folder? Pada dasarnya: ini sudah waktunya. Suatu kegembiraan bahwa Apple telah melihat dengan jelas dan memasukkan sesuatu seperti folder di iOS 4 dan implementasinya cukup elegan, tapi pasti menyenangkan untuk menyimpan lebih dari 12 item pada suatu waktu. Seperti berdiri, jika Anda memiliki aplikasi lebih dari satu jenis, Anda akan memberi folder dalam kategori yang sama. Anda mungkin akan mempunyai folder yang mungkin lebih banyak, sehingga dapat membantu masalah, tapi bukan menyelesaikan sepenuhnya.

D. Pengembangan Mail

Bagi sebagian dari kita,tweak yang baru pada aplikasi Mail iPhone sebenarnya telah lama ada. Di antara peningkatan besar dalam iOS 4 adalah kesatuan inbox dan pengaturan pesan, dimana keduanya telah berpengalaman dalam berurusan dengan email pada iPhone yang mengakibatkan penggunaannya jauh lebih menyenangkan. Secara keseluruhan, Mail terasa jauh lebih lengkap sekarang dan Apple telah memecahkan masalah yang sama di Mail dengan adanya aplikasi switching.

E. iBooks / iMovie
Ini bukanlah hal yang mengejutkan, tapi itu adalah inklusi bagus. Jika Anda telah menggunakan iBooks untuk iPad, yang ini hampir sama ... hanya lebih kecil. Tidak banyak yang bisa dikatakan tentang hal itu, kecuali tambahan bahwa selain banyak aplikasi buku yang bagus pada iPhone, Apple sekarang telah memberikan untuk Anda sendiri.

iMovie, di sisi lain terdapat sesuatu yang sepenuhnya baru . Kita tidak bisa mengatakan kita tidak melihat yang satu ini datang sejak Apple baru saja menambahkan perekam video dan editing disaat pengenalan OS iPhone 3 dan 3GS, tetapi hal ini membuatnya satu langkah lebih maju. Aplikasi seharga USD 4,99 memberikan Anda akses ke fitur-fitur yang lebih maju, seperti pilihan yang sangat terbatas yaitu transisi di antara klip, pilihan untuk menambahkan audio ke video Anda, ditambah segenggam tema dan efek. Bahkan ini memiliki kemampuan mengedit dengan cepat, meskipun semua sedikit keras, bila Anda memiliki dasar pengeditan seperti memisahkan sebuah klip bisa sedikit menjengkelkan. Anda dapat memotong film pada bagian awal dan akhir, jika anda ingin memisahkan sesuatu menjadi beberapa bagian Anda hanya perlu men-drag clip film ke tempat editanmu secara berulang dan mengukur tempat mulai dan akhirnya disetiap clip. Ini akan menyakitkan jika Anda sering melakukan pemotongan, walaupun kita tidak berharap semua orang akan membuat film melalui gadget ini, namun jika seseorang mungkin akan melakukannya. Harga yang ada memang cukup sebanding untuk gadget ini dimiliki.




F. Apa Yang Tidak Ada di OS Baru

Saat Apple telah melakukan langkah besarnya di area ini, beberapa orang masih belum mengerti pendekatan atau informasi seperti apa yang telah didapat Apple. Saat ini kita ada di versi 4 dari OS ini dan masih ada pengganggu seperti freezing alert. Jika Anda sibuk, maka Anda tahu apa rasanya mendapatkan undangan terus menerus untuk kalender, pesan teks dan push notification yang membuat macet ponsel. Sementara setiap pembuat OS lainnya telah mengetahui cara elegan untuk menangani adanya pemberitahuan (termasuk Windows Phone 7 mendatang), Apple menempel ke sistem yang rusak. Mengapa? kita tidak bisa mengatakan. Merasa sulit untuk percaya bahwa tidak ada orang di Cupertino yang merasakan apa yang dirasakan oleh penguji mengenai hal tersebut diatas.

Hal lain yang mendorong kita gila adalah kurangnya widget. Apple hampir sampai di sana dengan kontrol pemutar musik baru yang diperluas, namun belum ada solusi yang baik meskipun sedikit informasi pada iPhone. Kita akan mengakui bahwa sekarang sudah lebih baik dengan adanya aplikasi fast switching, tapi ada penguji yang menyukai ikon cuaca yang benar-benar menunjukkan suhu di mana berada. Kompetisi ini tampaknya hanya dimiliki oleh satu gadget saja.

Aksesoris
Ini tidak akan menjadi iPhone baru tanpa adanya beberapa aksesoris, namun Apple telah menyimpannya dengan rapi. Perusahaan ini menawarkan dermaga baru, tentu saja, untuk dua puluh sembilan dolar AS Anda akan mendapatkan pilihan warna-warni "bumper" yang dapat melindungi ponsel Anda. Sepertinya aksesoris itu dapat melindungi ponsel iPhone Anda cukup baik. Terdapat sebuah catatan, mungkin Anda pernah melihat iPhone 4 diombang-ambingkan di ruangan dengam dan tanpa bumper dan sekali tertabrak ke dinding dan menjatuhkannya cukup keras kelantai dari sekitar ketinggian dua kaki, hasilnya terdapat sebuah goresan.

Baterai
Ini adalah salah satu hal yang besar bagi banyak orang dan kami memiliki beberapa berita yang cukup mengejutkan untuk diinformasikan. Kemampuan bertahan baterai pada iPhone 4 telah beredar sejauh ini, melebihi harapan untuk lamanya baterai bertahan selama diuji. Hasil yang peroleh menakjubkan, diketahui baterai dapat bertahan selama 38 jam sekali isi dengan penggunaan ponsel seperti biasa. Dimaksud biasa adalah kita bicara panggilan, beberapa game, banyak push email dan pemberitahuan kalender, memainkan musik melalui Bluetooth di dalam mobil dan hanya menguji umum (seperti men-download aplikasi baru, mengatur ikon, pengaturan tweaker).

Masa pakai baterai tampak meningkat tajam di iPhone 4 dan mengapa tidak? Dengan memiliki baterai yang jauh lebih besar dan juga disertai dengan iPad-powering A4, dimana telah menunjukkan bahwa hal itu dapat membantu.


Ringkasan

Tidak perlu bertele-tele lagi, berdasarkan pad informasi yang begitu detail dan gamblang, dapat dikatakan bahwa iPhone 4 adalah smartphone terbaik di pasar saat ini. Kombinasi dari hardware baru yang menawan, tampilan yang menakjubkan, kemampuan kamera yang telah ditingkatkan dan perngembangan sistem operasi menjadikan ini sebuah paket yang sangat tangguh. Ya meskipun masih ada sedikit kekurangan diharapkan dapat diperbaiki oleh Apple dan masih ada beberapa alternatif yang mengagumkan selain dari iPhone 4 diluar sana. Memang banyak produk selain gadget ini tapi ini adalah masalah selera - beberapa orang hanya lebih suka dengan Android atau Symbian bekerja untuk iPhone dan orang lain juga ada yang akan mencari keyboard hardware atau suatu software tertentu untuk menutupi kekurangan dari iPhone 4 ini, tetapi dalam hal kejernihan gambar sulit untuk disangkal bahwa Apple telah bergerak satu langkah didepan dengan gadget ini dibandingkan dengan pesaingnya.Tentu saja, di pasar smartphone yang memiliki akselerasi yang sangat cepat akan menjadi sesuatu yang besar dimasa akan dating dan akan selalu siap untuk mengalahkan yang lainnya, siapapun tidak dapat menebak akan sampai sebatas mana semua akan berakhir.

Nah…sobat Asuransi Hot News semua, sudah kita ketahui gimana hebatnya iPhone 4 ini, jadi yang ini memilikinya pastinya sudah ga’ ragu lagi bukan. Informasi terakhir bahwa gadget ini telah masuk pasar Indonesia pada minggu kemarin.

Terima kasih telah tetap di channel gadget mingguan ini, semoga informasi ini berguna bagi sobat sekalian. Tetaplah semangat sobat, tunggu informasi gadget selanjutnya yang pasti akan lebih seru lagi.Jangan pernah berhenti mencari informasi yang berguna, teruslah mencari…karena ilmu akan terus berguna sepanjang masa.

Terakhir pesan dari saya, jangan lupa tinggalkan komentar sobat dan tetap klik iklannya karena itu akan membantu kemajuan blog ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...