Jumat, 12 November 2010

MacBook Air Laptop Apple Terbaru

MacBook Air bukanlah suatu produk yang mudah untuk dibedah oleh penguji. Sejak diluncurkannya produk laptop di tahun 2008, mereka selalu menganggap hal itu suatu ceruk,suatu produk high-end dan memiliki banyak kekurangan pada system utama. Awalnya, laptop seolah sebuah wafer-tipis (dan agak kurang bertenaga) yang dijual dengan harga yang bikin kantong bolong yaitu sebesar $ 1.799, dan masih harus adil berbagi masalah. Apple mengeluarkan 2 model terbarunya beberapa minggu lalu. Yang pertama adalah update dari model standar 13.3-inch dengan harga secara signifikan lebih murah $ 1.299, sedangkan peserta terbaru untuk keluarga MacBook adalah 11.6-inch model lebih kecil yang memiliki ukuran hampir sama dengani iPad - dan tidak terlalu mahal, dengan harga mulai $ 999. Tentu saja, dari waktu ke waktu pasar untuk laptop jenis ini telah mendapat pasarnya sendiri, dengan menyingkirkan system ULV yang berbasis pada tipis-dan-lampu yang menawarkan banyak pilihan sehingga memerlukan anggaran yang lebih. Apakah MacBook Air baru ini mampu merebut pasar, atau mereka malah akan keluar dari persaingan pasar ini? Baca terus review Macbook Air ini untuk mencari tahu dan jangan sampai terlewat ya !

Perangkat Keras

MacBook Air baru secara kasat mata tidak terlihat sangat berbeda dari pendahulunya, tetapi mereka terasa seperti lebih kuat dari generasi sebelumnya. Selain memangkas disana-sini, konstruksi unibody Apple tampaknya lebih diperhatikan sepenuhnya pada laptop ini, dan dengan memegang di satu tangan Anda (atau di pangkuan Anda) akan dapat meningkatkan rasa percaya diri dalam membangun kualitas. Pada seri laptop Apple ini ada beberapa hal yang telah dipangkas - model 13.3-inch hanya berukuran 12,8 inch dengan 8,94 inch (dengan ketebalan 0,68 inci meruncing dengan 0,11 inci pada titik terkecil), dan beratnya hanya 2,9 pound. Sementara itu pada versi 11.6 inch sangat kecil, hanya berukuran 11,8 inch dengan 7,56 inch dan berat 2,3 pound. Di sisi lain, Macbook Air seri 13 baru ini merupakan penyempurnaan dari generasi Air sebelumnya, mereka hampir memiliki ukuran yang sama, dengan MacBook Air baru memiliki ukuran lebih tipis jika dibandingkan model lainnya yang telah ada, namun dengan sisi model squared-off dan tepi yang tajam membuatnya terasa sedikit lebih kompak, dan trackpad buttonless Apple menggantikan model lama dengan satu-tombol.Ini aneh, tetapi seri 13-inch yang lama tampak lebih gemuk bila dibandingkan dengan model barunya.

Beberapa hal yang hilang dari MacBook Air yang baru termasuk sebuah sensor cahaya ambient dan backlit keyboard. Diawalnya mungkin tidak membuat kesal (pada kenyataannya, kita lebih suka untuk meredupkan layar agar nyaman secara manual), tetapi pada akhirnya sebenarnya dapat menjadi sedikit bermasalah. Ketika mengetik dalam pengaturan gelap, kini Anda hampir tidak tahu tombol pengaturannya dimana, dan bahkan dalam cahaya rendah (di depan TV, misalnya), kurangnya petunjuk pada keyboard jadinya agak mengganggu. Akan menyenangkan jika Apple memberikan pengguna sebuah pilihan di sini, tapi terutama pada versi 11 kita sedang menebak bagaimana ruang, harga, dan baterainya setelah adanya pengurangan disana-sini.

Di sisi lain, ini lebih dari sedikit mengecewakan saat menemukan bahwa MacBook Air seri 13 inch juga tidak memiliki backlit keyboard, terutama karena model-model sebelumnya memilkinya. Apple keluar dari jalurnya karena menghemat ruang penyimpanan pada ruang penyimpanan virtual dengan flash storage setup, dan merasa sangat sulit untuk percaya bahwa model yang lebih
lama memiliki ruang yang cukup untuk kedua hard drive dan backlit keyboard padahal memiliki model yang sangat mirip dengan type yang baru. Jika Anda berpikir tentang mengganti dari MacBook Pro ke MacBook Air, kurangnya pencahayaan keyboard pasti menjadi sesuatu untuk dipikirkan.

Selain masalah kecil itu, tidak banyak yang berubah dari unibody standar MacBook Pro, dan siapa pun yang akrab dengan produk perusahaan laptop ini akan merasa seperti di rumah - keyboard dan kaca besar trackpad merasa hampir identik dengan MBP yang biasa digunakan sehari-hari. Tidak ada yang sangat berbeda atau inovatif tentang desain perangkat ini, tapi mereka masihlah menjadi sebuah perangkat mesin yang indah. Apple benar-benar tidak perlu bersusah payah untuk memperbaiki desain yang sudah ada dan mereka memang belum melakukannya.

Tampilan Internal

Di dalam 13.3, konfigurasi dasar adalah 1.86GHz Core 2 Duo CPU (ya, sangat sama dengan versi sebelumnya), NVIDIA GeForce 320m GPU terintegrasi, 2GB RAM, dan SSD 128GB.Pilihan itu dapat diubah untuk menyertakan CPU 2.13GHz, 4GB RAM, dan SSD 256GB. Pada type 11,6 memiliki spesifikasi lebih rendah, mulai dengan 1.4GHz Core 2 Duo CPU, GeForce yang sama 320m, 2GB RAM, dan SSD 64GB, dan dapat diupgrade ke 1.6GHz, 4GB RAM, dan penyimpanan sebesar 128GB.Satu hal yang harus dilihat - chip "SSD" yang tidak masuk dalam rumahan drive, dan Apple hanya menggunakannya sebagai penyimpanan sementara. Mereka menguji 11.6-inch dengan basis CPU 1.4GHz, 2GB RAM, dan dengan penyimpanan 128GB dan 13.3-inch dengan CPU 1.83GHz, 2GB RAM, dan penyimpanannya sebesar 128GB.

Pada seri 13.3 inch, Anda punya dua port USB, konektor MagSafe, sebuah slot kartu SD, dan Mini DisplayPort hookup, sementara model 11.6-inch manya memiliki slot SD.Untungnya, port USB pada kedua mesin berada di sisi yang berlawanan, sehingga Anda dapat menggunakan adapter 3G dan periferal USB yang besar lainnya pada waktu yang sama tanpa menggunakan tambahan alat, mereka hanya bisa berharap tata letak ini ada untuk laptop Apple lainnya. Mereka juga pasti menginginkan adanya port Ethernet – saat pengujuan mereka menggunakan koneksi kabel sedapat mungkin dan membawa adaptor Apple seharga $ 29.

Baterai, hard drive, dan RAM semua disimpan di bawah kunci dan kunci - tidak ada yang dapat dilepas atau diupgrade oleh pengguna (setidaknya tidakmudah). Bahkan, RAM didesain terhubung langsung dengan papan utama dan flash terletak di papan PCI Express Mini.

Layar pada 13.3-inch adalah berukuran glossy 1440 x 900, dengan LED-backlit, sementara pada 11.6-inche berukuran 1366 x 768. Jika Anda mengamatinya,resolusi pada seri 13-inch sama seperti pada 15-inch MacBook Pro standar. Tingkat ketajaman gambar dari seri 11 membuat segalanya tampak sedikit lebih kecil dari biasanya, tapi tidak sulit untuk membiasakan diri. Secara keseluruhan, semuanya tampak mengagumkan dengan sudut pandang lebar dan reproduksi warna yang sangat baik, dan kami terkejut menemukan bahwa meskipun Apple masih berlangsung glossy di perangkat ini, lapisan yang digunakan untuk MacBook Air baru ini hamper tidak sama reflektif yang di MacBook Pro. Bahkan, lapisan tampaknya memiliki lebih banyak kesamaan dengan MacBook yang lebih tua dengan MacBook Air, warna ungu sport tampaknya untuk menghilangkan refleksi. Penguji menemukan sedikit ketertarikan pada layar, dan kami berharap ini menjadi tren (atau, resume sebagai tren). Perangkat juga dapat menjalankan tampilan sekunder melalui adaptor DisplayPort Mini sampai dengan 2560 x 1600.

Kinerja / Kemampuan Baterai

Sejauh ini kinerja CPU menjadi perhatian, Unit 11.6-inch memiliki tenaga sangat rendah dan biasanya hal ini memiliki masalah yang lebih besar: sementara pada umumnya anda akan berharap Mac akan bertindak seperti yang Anda harapkan - windows, aplikasi, dan halaman browser baru dimuat dengan cepat, dan fitur grafis berat seperti Expose tampaknya tidak memiliki kesulitan – penguji melakukan beberapa pengamatan dengan melakukan stuttery sesekali sementara melakukan browsing halaman web dan galeri yang berat, dan video full HD di YouTube, hasilnya tidak dapat bermain kembali secara lancar. (Mungkin penguji bisa menyalahkannya pada Flash ... tapi penguji yakin Apple tidak). Namun, secara keseluruhan bagus dan bug-free. Penguji memiliki lebih sedikit masalah pada seri 13 dengan prosesor Core 2 Duo 1.83GHz- Flash 1080p saat memainkan sebuah video dari situr trailer film Apple yang dimainkan dengan tanpa ragu. Bahkan, penilaian untuk seri 13 inch adalah cukup dekat dengan MacBook 13 inch low-end Pro, yang berisi sedikit lebih cepat yaitu Core 2 Duo 2.4GHz dan GeForce yang sama 320m, tetapi jauh lebih lambat dengan hard drive tradisional. Di depan game, kita menarik antara 30 dan 60 FPS bermain Portal di seri 13 inch, yang hasilnya tidak spektakuler, tapi cukup jauh dari yang penguji harapkan.Kipasnya benar-benar melakukan tendangan segera setelah kami mulai bermain, yang cukup bergemuruh - bukannya tenang dan itu sangat kontras dengan tiupan udara pada umumnya yang sangat hening.

Bagi pengguna yang tidak mengkhawatirkan tentang saat mengedit video HD atau Quake terbaru, ada banyak headroom di MacBook Air, dan daya tradeoff untuk kemampuan baterai mungkin berharga bagi banyak orang.

Berbicara pada kemampuan baterai, Apple mengklaim beberapa kemampuan MacBook Air ini cukup tinggi. Seperti biasa, perusahaan ini menggembar-gemborkan angka tinggi untuk sekali isi (tujuh jam digunakan untuk seri 13.3 inch, 5 jam dengan seri 11,6 inch), sebagian berkat pengaturan baterai multi-sel baru yang memakan sebagian besar bagian dalam dari laptop. Tidak hanya itu, perusahaan menawarkan bahwa baterai MacBook Air mampu bertahan hingga 30 HARI untuk waktu siaga, berkat sel-sel digabungkan dengan fitur-fitur manajemen daya baru. Anda mungkin pernah mendengar bahwa MacBook Air sekarang sporty "Langsung On”, meskipun itu tidak sepenuhnya akurat. Laptop masih harus booting seperti komputer biasa, meskipun waktu booting sangat berkurang akibat penyimpanan flash di tempat hard drive. Yang "Langsung On" adalah saat dilakukan mode baru yaitu tidur super-dalam dimana setelah laptop masuk dalam tidur standar (stanby mode) sekitar satu jam. Ini adalah cara Apple menyimpulkan cara kerja baterainya bisa bertahan hingga 30 hari tidur. Namun, saat dilakukan pengujian, daya tahan baterainya memang sangat mengagumkan. Pada seri 11.6 inch, penguji menangkap kemampuan baterai yang hampir enam jam terus hidup di satu kali isi yang digunakan secara medium (kebanyakan web browsing, menonton video flash, layar pada kecerahan hampir penuh).Dalam penggunaan yang lebih berat, penguji masih melihat pencapaian waktu hampir seperti yang diiklankan bertahan sampai lima jam (sebenarnya sedikit di bawah lima jam). Sama dengan seri 13 inch – penguji mencatat sekitar 7,5 jam pemakaian standar dan hanya sekitar enam jam ketika penguji mulai menambahkan aplikasi untuk memutar video.

Ringkasan

Tidak salah lagi tentang ini, MacBook Air yang baru adalah laptop yang sangat baik. Kekurangan mereka dalam kecepatan dan kekuatan, mereka ganti dengan baterai yang kualitas dan besar. Ditambah lagi degnan penampilan yang menawan, penyimpanan sangat solid, kestabilan OS X yang digunakan dan semua ramuan itu membuat penawaran yang sangat sulit untuk ditolak ... asalkan Anda punya uang tunai. Pada seri 11.6 inch, sulit untuk melihatnya sebagai laptop utama penguji : ini adalah sahabat yang sangat baik untuk menemani kita di tempat tidur, di depan TV, dan saat melakukan perjalanan singkat, tetapi tidak cukup baik untuk menggantikan MacBook Pro yang kita miliki. Seri 13 inch, di sisi lain, mungkin cukup bagus untuk dimiliki oleh satu atau beberapa orang saja; dari segi harga dan kinerja itu adalah suatu kejutan bagi penguji untuk seri ini. Meskipun ada perbedaan jika dibandingkan dengan produk-produk lain yang sejenis yang dengan yang dikeluarkan oleh Apple. Misalnya, Anda bisa mencoba produk yang bagus dari Lenovo ThinkPad Edge 11 dimana memiliki harga lebih murah sekitar setengah harga dari MacBook Air, ada powerhouses seperti Alineware M11x di pasar, dan Dell yang menghentakkan pasar dengan mengeluarkan model seperti Inspiron M101z. Namun, sangat sulit untuk dapat disangkal bahwa model, harga dan kinerja secara keseluruhan MacBook Air baru ini membuat mereka sangat menginginkan dan segera menggunakannya dalam waktu dekat.

3 komentar:

  1. Apple memang gak pernah ada matinya dalam berinovasi...Nice post

    BalasHapus
  2. Wah keren...... Setuju ma komentar di atas.. :)

    BalasHapus
  3. Apple memang Top Markotop sobat..tunggu info gadget selanjutnya

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...