Kamis, 18 November 2010

Perusahaan Lokal Dilibatkan Dalam Asuransi Bencana Alam

Beberapa hari lalu kita telah mendengar adanya keinginan pemerintah dalam membuat asuransi bencana alam dimana hal tersebut disambut baik oleh PT. MAIPARK (PT. Asuransi Maskapai Asuransi Indonesia Pengelola Asuransi Risiko Khusus) dan perusahaan tersebut bersiap diri untuk dapat berkerjasama dengan pemerintah dalam merealisasikannya.

Informasi terbaru didapat bahwa sepertinya pemerintah akan melibatkan perusahaan BUMN seperti PT. Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) juga perusahaan asuransi swasta lokal lainnya dalam membentuk konsorsium asuransi bencana

Wakil Ketua Komisi XI DPR Achsanul Qasasih juga memberikan saran kepada pemerintah agar sebaiknya membentuk konsorsium asuransi bencana yang kemudian mereasuransikannya kepada perusahaan asuransi internasional

DPR juga menginginkan agar Pemerintah memiliki beberapa opsi skema asuransi bencana alam berserta dengan pengkajiannya agar dapat lebih mudah dan cepat dapat direalisasikan di parlemen. Dengan adanya alternatif yang nantinya akan diberikan oleh pemerintah kepada DPR, dapat segera dipertimbangkan oleh anggota DPR opsi mana yang dianggap cocok dan yang baik.

Apabila nilai pertanggungannya cukup besar maka dapat melibatkan asuransi internasional, namun jika dapat diatasi oleh perusahaan local maka tidak perlu melibatkan asuransi internasional lagi.

Produk asuransi saat ini cenderung belum memberikan proteksi kerusakan yang diakibatkan bencana dimana masih harus ada perluasan proteksi oleh tertanggung agar dapat dijamin dengan all risk

Asuransi property biasa hanya memberikan ganti rugi saat terjadi kerusakan yang diakibatkan oleh kebakaran dan pencurian akan tetapi tidak menjamin bila terjadi kerusakan akibat dari gempa bumi, tsunami, banjir dan erupsi gunung berapi (Polis yang menjamin semua resiko tersebut biasanya adalah produk Property All Riks dengan polis Gempa diterbitkan tersendiri)

Begitu banyaknya bencana yang melanda bangsa ini benar-benar membuat pemerintah tersadar, meskipun terkesan terlambat namun hal ini akan menjadi awal yang lebih baik dan tak ada kata terlambat untuk persembahan yang terbaik bagi bangsa ini.

Teruslah maju Indonesiaku……!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...