Minggu, 29 Juli 2012

Kemampuan Samsung Galaxy S III




Pagi sobat Asuransi Hot News...masih ingatkan sobat dengan Galaxy S II…sebuah gadget yang sangat bagus bukan. Dengan keberhasilan yang telah dicapai Galaxy S II, Samsung ingin mengulangnya kembali dengan meluncurkan Galaxy S III.
Singkat kata, Samsung mencoba dengan berbagai cara untuk  membawa seri Galaxy S-nya agar dapat melangkah lebih maju, termasuk dengan bekerjasama dengan Google. Galaxy S III berprosesor quad core Exynos, layar HD Super AMOLED  4.8 inch. Galaxy S III ini memiliki fitur yang berdasar pada sistem Android. Gimana jadi penasaran dengan kemampuan gadget ini khan…kalo gitu saya akan coba untuk memberikan sedikit informasi mengenai gadget ini..simak baik-baik ya..

Hardware
Bila gadget ini dilihat secara sepintas mungkin sobat akan sedikit kecewa dengan desain yang dibuat oleh Samsung ini, karena memang terlihat seperti ponsel Galaxy pada umumnya yang pernah sobat lihat tahun kemarin. Gadget ini memang tampak lebih seperti Galaxy Nexus, dengan semua bentuk dan kontur yang memang mirip dengan handset pertama Android dari Google.Galaxy S III meski memiliki layar 4.8 inch namun masih nyaman untuk digenggaman. Beratnya yang hanya 133g, sedikit lebih berat jika dibandingkan dengan HTC One X.

Sebuah mantel glossy yang berada di depan dan belakang dengan finishing yang menarik membuat warna Marble White menjadi warna yang paling favorit. Gadget ini masih memiliki tombol home (rumah), meskipun sekarang tampak lebih ramping dan tampak kurang tervisualisasi. Letaknya berada ditengah, diapit oleh tombol kapasitif yang dapat menyala dan menghilang. Juga terdapat modul kamera, flash dan speaker yang terletak dibagian belakang.



Kamera 8 megapixel tampak sangat mirip dengan yang dimiliki oleh Galaxy S II dan Galaxy Note, ini berarti gadget ini memiliki kemampuan yang cukup baik dalam mengambil gambar. Samsung terlihat lebih memaksimalkan software untuk tampilan layarnya daripada mengutak- atik kamera yang ada . Singkat kata, aplikasi kamera yang ada mendukung pengambilan video dan photo, pada nomor kontak yang ada dapat ditambahkan gambar wajah dan fitur indentifikasi dan pelacakan wajah telah diperbaiki.

Layarnya 4.8 inch HD Super AMOLED, kekurangan dari layarnya adalah kepadatan pixelnya hanya sebesar 306 ppi, hal tersebut disebabkan adanya pembagian dari pixelnya. Meski demikian, dengan resolusi yang dimilikinya tersebut, gadget ini masih tampak bagus dan cukup untuk dapat menampilkan segala hal. Selain itu, dengan layar Gorilla Glass 2 yang ada, gadget ini menawarkan tampilan panel yang bagus dalam setiap sudut pandang anda melihatnya.
Prosesor 1.4GHz quad-core Exynos yang baru menjadi pilihan Samsung sebagi jantung dari Galaxy S III ini, ditambah lagi dengan GPU baru yang diharapkan mampu meningkatkan kecepatannya sebesar 65% dari Galaxy S II yang menggunakan chip grafik Mali 400. Berdasar pada pengujian kecepatan dengan browser SunSpider, tercatat skornya hanya dibawah 1.500 ms. Dengan skor yang diperolehnya itu, menjadikan gadget ini berada di bawah HTC, namun hal tersebut tidak terlalu buruk. Saat memakai aplikasi asli dan berselancar di internet terasa menyenangkan, pinch to zoom-nya  sangat cepat, sementara itu untuk pemutaran multimedianya masih kurang, terlepas dari adanya penambahan perangkat lunak yang dilakukan oleh Samsung aplikasi lainnya berjalan dengan sangat baik.
Dalam Galaxy S III memiliki baterai 2,100mAh yang dapat dilepas, juga tersedia pilihan untuk pengisian dengan  nirkabel. Disamping baterai dan ruang untuk mikro-SIM, anda akan menemukan slot mikroSD dimana ini tidak akan anda temukan pada Galaxy Nexus. Selain itu juga terdapat penyimpanan internal sebesar 16GB, 32GB atau 64GB, tergantung pada varian yang anda beli. Terdapat pilihan koneksi mulai dari Bluetooth 4.0, WiFi, DLNA, MHL, juga terdapat mikro USB port dan headphone socket dengan NFC yang terhubung pada baterai.




Software
Bagi penggemar Android mungkin akan terlihat tersenyum setelah melihat  tampilan TouchWiz-nya, Ice Cream Sandwich ini  terlihat mirip dengan yang dipergunakan pada Galaxy S II. Pada Galaxy S III, Samsung terlihat lebih memfokuskan diri pada aplikasi tertentu dan banyak fungsi gerakan yang  baru.

Lima ikon terlihat mengisi dasar dari layar, termasuk didalamnya adalah laci aplikasi. Galaxy S III membawa filosifi yang menawan yaitu “Inspired by nature, designed for human” artinya “terinspirasi oleh alam, dirancang untuk manusia”. Dalam hal alam, ini didasarkan bahwa gadget ini syarat akan beberapa grafis air dan efek suara serta banyak sekali wallpaper musim yang ada (termasuk beberapa wallpaper baru yang pintar sebagai latar belakang).

Keyboardnya berfungsi secara sempurna, dengan ukuran layar yang lebar memudahkan anda untuk menekan huruf yang diinginkan. Semua menu dan ikon yang ada digambar sesuai dengan gaya TouchWiz Samsung, terdapat beberapa tambahan termasuk aplikasi shortcut pengunci layar. Bahkan, gerakan pengunci layar merupakan suatu bagian dari ponsel cerdas baru dari Samsung yang dijadikan filosofi “designed for humans”



Setelah pengaturan dilakukan dan diaktifkan, anda akan dapat melakukan ketukan atau menyentuh terus layarnya, putar layarnya secara horizontal dan anda akan langsung diarahkan pada aplikasi kamera. Dengan menggunakan akselometer yang sama, fungsi panggilan baru akan melakukan panggilan pada kontak yang anda tampilkan saat ponsel anda angkat mendekat ke telinga anda. Untuk menjaga kemampuan ponselnya itu, ditanamkan fitur Smart Stay dari Samsung ini mampu mendeteksi wajah (melalui kamera depannya) dalam mengaktifkan atau menonaktifkan tampilan. Sebuah ikon mata kecil akan muncul pada bar pemberitahuan saat melakukan pendeteksian pada wajah. Begitu pula dengan fitur Smart Alert dimana fitur ini akan menampilkan setiap adanya panggilan tidak terjawab atau yang anda jawab yang juga menggunakan akselometer yang ada pada ponsel ini. Fitur ini seperti sebuah sihir dimana ponsel lain seperti  HTC juga telah menggunakan fitur ini, mungkin semua ponsel Android akan memiliki fitur tersebut.

Pada gadget seri ini Samsung mencoba untuk memperkenalkan suatu fitur interaksi suara yang disebut dengan S Voice, sayangnya sampai saat ini saya masih belum ada informasi yang cukup mengenai S Voice untuk dapat saya bagi pada anda. Sementara ini informasi yang ada mengenai S Voice ini adalah berfungsi untuk dapat membuka kunci ponsel, mengontrol pemutaran music dan mengambil foto hanya dengan perintah suara anda. Samsung menginformasikan bahwa fitur tersebut dapat berkerja dengan aplikasi dari pihak ketiga yang memiliki fungsi yang sama. Seperti halnya fitur asisten suara yang dimiliki oleh pesaing lainnya, fitur ini membutuhkan data koneksi, sebab pola suara diproses di dalam cloud. Dengan S Beam dari Google Android Beam yang ada akan dapat membantu anda dalam berbagi file saat anda terhubung melalui WiFi yang kemudian dipadukan dengan NFC. Menurut Samsung kecepatan berbagi file melalui NFC dapat dilakukan hingga mencapai 400Kbps, namun saat menggunakan WiFi dapat mencapai 300Mbps. Dari informasi yang ada, kecepatan berbagi file video sebesar 10MB dapat dilakukan dengan sekejap.



Dengan fitur AllShare Play yang ada pada gadget ini memungkinkan anda untuk menampilkan file anda pada layar yang lebih besar, sementara itu fitur AllShare Cast juga mampu menduplikasi layar ponsel anda untuk game layar lebar. Samsung menginformasikan bahwa hal tersebut dapat dilakukan dengan judul yang telah dioptimalkan, meskipun masih membutuhkan sesuatu yang lebih spesifik. Seperti halnya S Beam, ini juga di tampilkan langsung melalui WiFi ke TV yang kompatibel dengan gadget ini.

Sebuah fitur baru yang memperlihatkan kemampuan prosesor Exynos adalah Pop Up Play, dimana fitur ini mampu memainkan file video pada jendela sendiri diatas aplikasi lainnya. Pemutarannya hanya  terbatas pada media player yang aslinya, jendelanya dapat dipindahkan di sekitar layar dan ukurannya sebesar seperenam dari layarnya.

Sebagai rangkuman saja, bahwa gadged ini merupakan ponsel yang cakep habis, dengan layar Super AMOLED definisi tinggi dan prosesor yang mampu bersaing diantara perangkat Android tingkat atas. Meskipun demikian, sepertinya Samsung masih belum merespon tren terakhir mengenai pemilihan bahan dalam pembuatan ponselnya, karena tampilan andalan terbarunya ini masih terlihat seperti ponsel seri lamanya. Bagi beberapa kalangan kritikus, perangkat keras gadget ini masih kurang memiliki sesuatu yang bisa membuat anda terperangah. Gadget ini memang memiliki fitur TouchWiz yang menarik dan dapat bekerja dengan sempurna, hanya saja Samsung masih mengesampingkan desain. Walau begitu pilihan tetap pada anda, pilihlah gadget yang memang sesuai dengan kebutuhan anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...