Rabu, 08 Desember 2010

Proyeksi Pertumbuhan Asuransi Tahun 2011 Mencapai 40%

Tahun 2010 sudah akan kita tinggalkan dan 2011 sudah tinggal menghitung minggu, namun dalam dunia bisnis asuransi tahun 2011 merupakan tahun yang penuh dengan tantangan baru. Banyak yang telah bersiap diri untuk menyongsong tahun baru dengan ide-ide baru, target produksi yang sudah pasti harus meningkat baik itu di sektor asuransi jiwa maupun asuransi umum. Dunia bisnis ini benar-benar siap bersaing .

Dengan membaiknya kondisi perekonomian Indonesia pada tahun ini yang diperkirakan proyeksi pertumbuhannya mencapai 6,3% dan diperkirakan akan terus berlanjut hingga 2011, hal ini menimbulkan obtimisme dikalangan perasuransian di Indonesia. Dalam beberapa penelitian yang dilakukan menyebutkan bahwa terdapat peningkatan kesadaran mesyarakat untuk berasuransi, terutama pada kelas menengah yang tertarik terhadap produk asuransi selain produk tabungan dan kendaraan bermotor.

Dengan alasan tersebut dunia asuransi diperkirakan akan dapat tumbuh sebesar 10% untuk asuransi umum dan disektor jiwa dapat mencapai 40% pertumbuhannya. Proyeksi pertumbungan ini dilihat berdasarkan besarnya potensi asuransi di Indonesia yang masih banyak yang belum tergarap serta minimnya penetrasi pasar di daerah sedangkan bisnis asuransi selama ini hanya terkonsentrasi di daerah kota besar.

Hal ini dikuatkan oleh Departement Chanel Distribusi Bancassurance Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia dan juga sebagai Deputi CEO Allianz Life Indonesia Handojo G. Kusuma kepada Media Asuransi. Beliau juga beranggapan asuransi dapat mendorong pertumbuhan dengan meningkatkan jumlah agen yang memiliki lisensi yang ditargetkan mencapai 350.000 orang pada 2011 dan 500.000 pada 2012 oleh AAJI. Selain hal tersebut produk asuransi juga menjadi hal yang penting untuk dapat dijadikan alternatif bagi masyarakat untuk dapat menyimpan dananya juga sekaligus sebagai investasi yang didukung oleh proteksi.

Sedangkan ketua AAUI Kornelius Simanjuntak menyatakan akan ada pertumbuhan sebesar 10% sampai dengan 15% disebabkan karena pembangunan insfrastruktur yang masih terus berjalan di Indonesia dan didukung oleh jumlah penduduk yang besar sehingga potensi pasar menjadi sangat besar untuk dapat dikembangkan oleh asuransi umum.

Begitulah proyeksi pertumbuhan asuransi ditahun 2011, semoga dapat memberikan informasi kepada sobat semua & semoga akan semakin sadar akan fungsi asuransi….tetap semangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...