Jumat, 26 November 2010

Kemampuan Samsung Galaxy Tab

Galaxy Tab telah masuk pasar gadget Indonesia, Hot News pernah memposting saat awal kemunculan produk dari Samsung ini. Pasar gadget terlihat lebih semarak pada akhir tahun ini banyak produk tablet diluncurkan setelah suksesnya produk Apple dengan iPad-nya.

Setelah beberapa minggu mencari mencari dan mencari informasi mengenai gadget ini untuk saya persembahkan pada Sobat setia Asuransi Hot News agar tidak gaptek alias gagap teknologi. Juga bagi yang berminat atau berencana akan membeli produk Samsung ini, sebaiknya simak baik-baik informasi produk ini agar tidak membeli kucing dalam karung (meong donk).

Galaxy Tab memiliki prosesor 1GHz, didukung penuh Flash juga dengan system terbaru Android 2.2, kamera ganda, penyimpanan hingga 32GB dan tidak lupa ditanamkan konektifitas WiFi / 3G. Dengan spesifikasi seperti itu tentu saja akan membuat orang ngiler selama beberapa bulan ke depan.

He…he..udah gak sabaar ya.., informasi ini saya dapat saat Galaxy Tab ini masih melanglangbuana di tempat Paman Sam dimana disana penjualannya udah dikontrak langsung oleh perusahaan besar yaitu Verizon dengan mematok harga per-unitnya seharga USD 600 dan diikuti oleh Sprint dengan dijual seharga USD 400

Jadi ngelantur kemana-mana nich…ok dech simak aja, semoga dapat menghilangkan dahaga gadget Sobat semua


Perangkat keras

Sudah mulai semakin sulit bagi produsen untuk membedakan tampilan gadget tablet yang memiliki layar penuh ini, tapi Samsung melakukan pekerjaan yang terpuji, membedakan Tab dari yang lain dengan menampilkan secara kontras antara depan dan belakangnya. Bagian belakang perangkat ini model rounded-off dilapisi dengan plastik putih mengkilap (sampai kapanpun akan tetap berwarna putih dari waktu ke waktu), sedangkan pada bagian depan seperti pada umumnya layar kaca hitam dan bezel. Layar dan bezel muncul kurang glossy bila dibandingkan dengan iPad. Berbicara tentang bersih, itulah bagaimana kita menggambarkan desainnya - ada tombol sentuh empat di sisi depan, headphone jack di tepi atas dan volume rocker, slot kartu microSD dan tombol daya pada tepi kanan . Namun, tidak melihat mengapa Samsung tidak bisa membuat ruang untuk port-USB mikro - Anda harus mengisi dan sideload konten menggunakan kabel pengisian milik Samsung.

Sejujurnya, apresiasi nyata untuk desain perangkat datang lebih dari faktor bentuknya. Tidak mengherankan, tablet 7 inch lebih baik digunakan dengan satu tangan daripada yang tablet yang berlayar lebih besar (yaitu iPad 9,7 inch atau ExoPC 11,6 inch), dan tidak berbeda dengan Galaxy Tab 7,4 x 4,7-inch. Steve Jobs mungkin tidak berpikir mengoptimalkan ukuran, tapi lebih menyenangkan bila ada dalam genggaman tangan kita sekitar 0.83-pound / tebal 0,47 inci ketika membaca buku atau menggenggamnya seperti telepon dan menggunakan ibu jari kita untuk mengetik pada layar keyboard. Tentu, itu bukan seringan atau setipis Kindle dengan berat 0,53 pound / setebal 0,33 inch atau Dell Streak seberat 0,48 pound / setebal 0.4-inch, tapi masih cukup ringan untuk ditaruh terus di tempat tidur tanpa takut Anda akan kejatuhan diwajah.

Kehalusan bagian belakang Tab ini dapat sering menyebabkan ia meluncur turun, jadi disarankan saat dipakai jangan sampai tertidur. Diharapkan Tab memiliki built-in kickstand seperti Evo 4G dan Archos 7.


Layar

Tab tidak memiliki layar Super AMOLED seperti saudaranya smartphone Galaxy S, akan tetapi dengan resolusi LCD 1024 x 600 masih menakjubkan. Ini lebih baik bila dibandingkan dengan kebanyakan layar tablet lain yang kita lihat akhir-akhir ini, yang tentu saja berarti bahwa hal pertama yang diperhatikan adalah dari sudut pandang yang berbeda. Saat layar dimiringkan dalam keadaan mati tidak menyebabkan distorsi warna dan berbagi dengan teman tidak mengharuskan kita untuk melakukan penyesuaian.

Tampilan itu sendiri sangat cerah dan warna tampil sangat renyah. Sementara beberapa orang mengeluhkan bahwa itu tampak agak membosankan, Anda dapat mengatur kejenuhan warna dalam pengaturan tampilan sesuai dengan keinginan Anda. Seperti iPad, sulit untuk melihat apa yang ada di layar glossy di bawah sinar matahari, tetapi ketika dicoba memainkan video pada hari yang cerah, masih mampu dapat melihat semua ikon control yang ada. Sementara resolusi Tab tidak setinggi iPad dengan resolusi 1024 x 768 IPS panel, layar tidak memiliki kerapatan piksel yang lebih baik, yang menerjemahkan ke e-book dan pengalaman membaca halaman web dari iPad.

Sama seperti ponsel Galaxy S, layar kapasitif sangat responsif dan mudah, cocok dengan iPad dalam hal sensitivitas. Dlam pengujian tidak memiliki masalah dalam membuat pilihan dengan tekan ringan atau ke bawah panjang halaman panjang dengan cahaya film. Demikian pula, accelerometer empat arah ini cukup responsif dalam sebagian besar aplikasi (itu cenderung lebih lambat dalam browser) dan cepat untuk menyesuaikan ketika dinyalakan. Seperti iPad menggunakan OS 4.2, tidak ada tombol fisik untuk mematikannya, tetapi Anda dapat melakukannya dalam menu pengaturan layar. Dua speaker di bagian bawah tablet terasa lebih keras dari smartphone rata-rata (oke, mungkin terkecuali untuk HTC Surround), tetapi jika Anda berencana untuk memiliki Tab dan berpesta Anda dapat menghubungkan dengan satu set speaker.


Software: TouchWiz dan Android

Seperti yang dikatakan bahwa layar yang baik hanya suatu penunjang dari perangkat lunak yang berjalan di bawahnya. Dan dalam kasus Tab, perangkat lunak akan menjadi sangat akrab bagi siapa pun yang pernah menggunakan telepon Galaxy S dengan Android Samsung TouchWiz 3,0-nya.

"Android belum siap untuk tablet”. Semua orang mendengar perkataan itu, dan sementara itu kita akan masuk ke beberapa pembahasan mengenai hal tersebut. Pusan Tab UI - kaca, perancang aplikasi, layar utama, Swype keyboard sendiri baik untuk layar 7-inch. Demikian pula dengan browser Android yang telah disesuaikan untuk layar 7-inch. Apakah hanya versi yang besar dari Google smartphone OS? Ya, tapi kita belum pernah melihat sesuatu yang salah dengan itu.


Aplikasi Samsung

Di sisi lain, bukan berarti tidak ada bagian-bagian inti dari OS yang dapat diambil keuntungannya dari layar yang ditambahkan secara nyata, dan tidak seperti banyak orang yang membuat Android tablet, Samsung telah melakukan lebih dari sekedar melemparkan pada sebuah aplikasi. Berikut ini adalah ikhtisar dari aplikasi inti Samsung yang telah dikembangkan secara khusus untuk Tab.

EMail - Inti dari aplikasi email tampak seperti pada telepon Galaxy S, tetapi ketika anda balik layarnya ke modus landscape Anda mendapatkan panel Microsoft Outlook-seperti panel Inbox Anda di sebelah kiri dan pesan di sebelah kanan.

Kalender – Aplikasi kalender sama menariknya. Dalam modus landscape Anda dapat menyesuaikan begitu kalender Anda tampil di seluruh layar atau dengan tampilan dua pane serupa yang menunjukkan daftar acara mendatang.

Pesan, Kontak - Ini adalah cukup jelas. Meskipun tidak secara teknis Tab bukanlah sebuah telepon karena semua provider AS telah membatasi kemampuannya memanggil, Anda dapat menggunakan aplikasi pesan untuk mengirim pesan SMS atau MMS atau e-mail ke kontak lain. Seperti yang lain, Anda punya tampilan dua pane dalam modus landscape - Anda dapat melihat kontak Anda di sisi kiri dan pesan dari kanan.

Media Hub - Yang satu ini sudah mulai muncul di beberapa ponsel Galaxy S juga, tetapi Tab mungkin yang paling cocok untuk mengambil keuntungan dari film baru Samsung dan menyimpan TV / player. Pada titik ini ada lebih dari 1.000 video dari MTV, Universal dan Paramount, dan sementara ada pilihan judul yang layak saat ini - download episode Jersey Shore South Park untuk $ 1,99 - Anda akan melihat ada yang kosong ketika Anda mulai mencari film yang lebih tua. Tidak, ET atau Terminator, hanya untuk beberapa nama, tidak tersedia. Tentu saja, semua yang di sini di dilindungi DRM sehingga tidak dapat mencoba mengambilnya ke desktop. Namun, Anda akan dapat masuk ke akun Media Hub di lima perangkat Samsung lain untuk menonton segala konten yang sebelumnya dibeli. Media Hub bukanlah sebuah alternatif yang buruk, tapi direkomendasikan membeli konten melalui Amazon Unbox dan sideloading untuk digunakan pada beberapa perangkat.

Catatan: Samsung juga memiliki aplikasi Pembaca Hub, yang berisi akses untuk menyimpan e-book Kobo dan isi bacaan lainnya, tapi Sprint memutuskan untuk tidak preload itu.

Pasar dan Aplikasi Pihak Ketiga

Tab juga dilengkapi preloaded dengan beberapa aplikasi pihak ketiga, termasuk Facebook, Amazon Kindle, dan Qik. (Ada "Free Games" shortcut pada layar utama yang tidak lain adalah link ke situs Gameloft) Semua layar yang berskala 7-inch cukup baik - tidak ada masalah dalam format ataupun resolusinya - namun, masih benar-benar tergantung pada aplikasi yang ada saat ini. Sebagai contoh, permainan Burung Marah tampak indah di layar yang lebih besar. Ini serius, terlihat begitu sangat luar biasa di layar yang lebih besar. Aplikasi seperti Pandora, Facebook, Twitter, TweetDeck, YouTube juga baik, tapi aplikasi lain seperti USA Today, Engadget, Raging Thunder 2 Lite, dan Speed Test tidak dapat berjalan dengan baik. Aplikasi terakhir masih dapat digunakan, tetapi Anda harus berurusan dengan adanya pembatas layar kosong yang sangat besar di sekitar mereka.

Samsung mengklaim bahwa setiap aplikasi akan mematuhi pengkodean yang Google miliki dan desain standarnya dapat bekerja dengan baik, tapi aplikasi yang memiliki skala jelas tidak dibangun atau dioptimalkan untuk tablet, sehingga berdasarkan pengalaman gadget ini benar-benar seperti memiliki sebuah smartphone yang lebih besar. Apple telah meluncurkan alat pengembangan untuk menciptakan aplikasi yang lebih besar dan beberapa aplikasi sudah tersedia di toko aplikasi iPad, namun Google masih belum menyediakan hal semacam itu. Terdapat informasi bahwa di Googleplex tersebut sebenarnya bekerja untuk mengoptimalkan aplikasi untuk tablet dengan merilis Honeycomb dan mungkin meluncurkan bagian-bagian yang terpisah ke Pasar, tetapi sampai itu terjadi itu benar-benar merupakan sistem trial and error dan hidup dengan perangkat lunak smartphone yang dirancang pada layar yang lebih besar.


Browsing dan Flash

Sebagian besar dari pengalaman browsing pada Tab adalah sangat solid - halaman dimuat dengan cepat melalui WiFi dan scrolling / zooming sebagian besar terlihat sangat tajam. Ketika loading beberapa situs teknologi agak sedikit membuat sedikit gelisah karena tak semulus seperti pada iPad. Namun, serperti biasa terdapat kemampuan untuk mengubah kecerahan di dalam browser. Tapi jelas, Tab berbeda dari tablet lainnya, dengan dukungan penuh Flash nya. Jadi, apakah ini gadget yang anda tunggu-tunggu? Berkat adanya prosesor 1GHz aplikasi menjadi tidak selambat seperti yang disaksikan pada perangkat Android 2,2 lain, tapi kita tidak bisa mengatakan kita mengambil keuntungan dari semua fitur yang banyak - sebenarnya dengan menonaktifkannya dapat lebih mempercepat browsing.

Meskipun menyenangkan untuk dapat memutar video dari sebuah situs dan tidak sampai terjadi benturan saat bermain game, sehingga tidak muncul pesan "video ini tidak dioptimalkan untuk mobile" saat kita tekan tombol play. Secara keseluruhan, video diputar dan berkerja dengan baik, tapi kinerja Flash melambat saat melakukan browsing. Bagaimana dengan kinerja Flash saat melakukan browsing situs yang berat? Yah, seperti yang Anda baca di atas, situs Hulu merupakan sebuah jalan buntu - kita mendapat pesan kesalahan yang sama bahkan ketika kita login ke akun Hulu plus dalam browser (Hulu, masih belum merilis aplikasi untuk Android) Pada saat yang sama, tidak memiliki masalah loading situs permainan yang memerlukan Flash seperti Canabalt, tapi karena permainan ini dibangun untuk lingkungan yang harus menggunakan mouse dan keyboard jadinya tidak tahu cara melompat dan menghindari. Apa artinya semua ini? kemampuan Flash pada Tab bagus, tetapi jika Anda sudah memikirkan ini akan menjadi tablet pembunuh aplikasi, Anda harus berpikir lagi. Tidak terdengar seperti Steve Jobs atau apa, tapi aplikasi smartphone tingkat atas dan kompatibilitas Flash sendiri tidak menciptakan sebuah platform tablet yang baik - ini akan mengambil aplikasi aslinya untuk Tab agat benar-benar dapat kompetitif.


Kamera

Dual camera Tab adalah pembeda besar terhadap iPad, dan kita harus mengatakan bahwa keduanya cukup berguna. Orang akan melihat anda aneh ketika Anda mengambil gambar dengan viewfinder raksasa! Resolusi sebesar 3 megapiksel dengan lampu kilat camera LED di bagian belakang tidak akan menggantikan bidikan obyek dan mengambil gambarnya, tetapi masih tidak dapat mengambil beberapa gambar yang layak. Kamera antarmuka terdiri dari kontrol standar Android dan per biasa itu ditangani auto-focus dan white balance. Anehnya, tidak ada mode makro, tetapi modus panorama hebat untuk mengambil gambar sudut lebar - hanya pastikan untuk menahan itu agar stabil untuk menghindari blur. Ada juga modus terus menerus, yang akan mengambil urutan sembilan gambar - Anda harus menahan tombol kamera untuk mendapatkannya. Kita harus mencatat bahwa mode panorama dan berkesinambungan dibatasi untuk mengambil foto dengan resolusi 800 x 600.

Ini sedikit mengecewakan bahwa tidak ada perekam video HD – jepretan Tab beresolusi 720x480 - tetapi cukup halus dalam menangkap gerakan, dan tidak ada masalah gagap seperti yang terjadi pada ponsel Galaxy S. Kita harus menyebutkan di sini bahwa Galaxy Tab mengharuskan Anda memiliki kartu micro SD saat menggunakan kamera, jadi hal yang baik Sprint mengeluarkan kartu 16GB. Anehnya, dengan adanya memory internal sebesar 2GB tidak dapat menyimpan apapun atau mengaksesnya ketika dipasang ke Mac atau PC. (Jika Anda tertarik dalam versi Eropa, unit yang ada di Inggris terdapat memory internal 16GB, yang dapat diakses jika dipasang.)

Kamera bagian depan 1.3-megapixel jelas tidak dapat mengambil gambar yang baik atau terinci, tapi baik-baik saja untuk video chatting, canggung berpose dengan teman, atau untuk memeriksa sisa makanan pada gigi Anda. Video panggilan dapat didapatkan dengan menggunakan Qik melalui WiFi, meskipun ada cukup banyak keterlambatan dan dalam beberapa kasus jumlah pixel menjadi masalah serius.

Kinerja dan Masa Pakai Baterai

Mungkin bagian terbaik tentang Tab adalah bahwa Anda tidak perlu khawatir tentang kinerja lamban yang pernah Anda lihat pada Android lain dan tablet Windows. Secara keeseluruhan sangat bagus, dan itu terus terjadi bahkan ketika mamakai empat atau lima aplikasi yang terbuka. Tentu saja, ada saat-saat dimana akan membeku - terutama ketika kita punya permainan yang berjalan dan saat dicoba untuk menguji video 720p - tetapi kemungkinan besar Anda tidak akan terasa berat dengan prosesor Cortex A8 1GHz ARM dan 512MB RAM. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, video Flash dalam browser mengambil beberapa detik untuk muncul dan memperlambat browsing, tapi begitu menekan tombol putar, mereka berjalan dengan lancar. Seperti yang telah disebutkan diatas, saat menonaktifkan Flash kecepatannya menjadi meningkat secara drastis. Pemutaran video biasa pada Tab juga cukup halus - kualitas tinggi dan konten video YouTube 720p lokal bermain indah di layar penuh. Demikian pula, permainan grafis berat seperti Raging Thunder 2 tidak punya masalah saat dijalankan..

Jadi, bagaimana tentang daya tahan baterai? Ini cukup bagus. Setelah melakukan surfing web secara berkala dan membaca pada Tab selama sekitar satu hari setengah hanya dengan menggunakan 3G, baterai berada pada sekitar 20 persen. Pada saat pengujian video, dimana melompati definisi video standar pada tingkat kecerahan sekitar 65 persen dan sambungan 3G dimatikan, tapi WiFi dihidupkan, baterai 4000mAh Tab ini dapat berjalan selama 6 jam dan 9 menit. Itu hampir sama seperti beberapa tablet Android lain, tetapi tidak selama iPad dengan waktu 9 jam dan 33 menit.

Update: Nah, ini agak sedikit gila. Ini mencuri perhatian, bahwa Tab tidak dapat diisi melalui laptop atau desktop. Dan itu sebenarnya sebuah kasus - ketika dipasang ke soket USB Tab akan melakukan pengisian, tetapi tidak akan mengisi ulang.


Kecepatan 3G dan Harga

Berdasarkan pada pengujian versi Sprint dari Tab di kota New York dan telah melakukan upload dan download dengan kecepatan cukup standar : download memiliki rata-rata sekitar 1.043 kbps dan uplink sekitar 521kbps. Tentu saja, berharap bahwa Samsung dan Sprint akan menggebrak Tab dengan 4G saat ini, tetapi untuk sekarang masih dengan versi 3G.

Sprint menawarkan dua 3G untuk Tab: 2GB seharga $ 29,99 sebulan dan pilihan 5 GB untuk $ 59,99 sebulan, tapi apakah itu layak melampirkan rencana 3G ke perangkat ini? Hal ini tentu masuk akal untuk memiliki mobile broadband dimasukkan ke Tab, dan fitur Sprint Hotspot, yang menambahkan tambahan $ 29,99 per bulan, bisa berguna untuk menghubungkan gadget lainnya ke interwebs. Namun, dibandingkan dengan menawarkan Apple, harga sebenarnya $ 600 $ 29 kurang dari versi 16GB / 3G dari iPad. Mereka yang tidak memerlukan konektivitas 3G apapun lebih baik menunggu versi WiFi dari Tab, yang info terakhir akan diluncurkan.


Ringkasan

Setelah diuraikan diatas maka dapat diyakini bahwa Galaxy Tab merupakan tablet Android terbaik di pasar. Sekarang, itu tidak mengatakan banyak mengingat keadaan kompetisi Android, tetapi bisa pasti mengatakan bahwa Tab adalah pesaing sejati pertama untuk iPad Apple. Tampilan yang tajam, faktor bentuk yang kompak, perangkat lunak dengan sentuhan yang bersahabat dan dual kamera, tidak diragukan lagi memiliki apa yang diperlukan untuk memenangkan rata-rata pencari tablet. Namun, Google belum menyediakan segala arah di Android sebagai platform tablet, yang berarti bahwa Tab dipegang kembali oleh aplikasi dan perangkat lunak yang tidak mendukung sepenuhnya, layar ekstra menjadi daya tarik. Ingat, bahwa ketika iPad diluncurkan banyak pengembang sudah bekerja pada aplikasi tablet secara spesifik dan Apple punya took aplikasi iPad di tempat. Sederhananya, bahwa bahwa tanpa ekosistem dan dukungan dari Google, Samsung dibiarkan sendiri - secara harfiah. Hari ini Samsung meluncurkan sebuah emulator untuk Tab yang menggunakan SDK Android dan perusahaan itu bekerja dengan Google dan berencana menggunakan iterasi masa depan Android, jadi kita harus melihat apa yang terjadi - tetapi untuk sekarang tampak seperti kisah Samsung Galaxy Tab masih memiliki beberapa bab untuk dilengkapi

Nah….begitu sobat semua sudah dibedah sedetail-detailnya semoga ini bermanfaat, kalo mau beli produk ini jadi tahu khan kehebatannya.

Oh...iya ada tambahan informasi produk Galaxy Tab baru dengan dilengkapi Wifi sudah mulai di-release kemarin akan tetapi ditarik kembali karena ada beberapa produk yang Wifi-nya tidak dapat berjalan dengan baik.

Sementara cukup dulu informasi ini..semoga dapat menambah wawasan gadget sobat semua (meski ga’ punya barangnya yang penting infonya dapet) tetap semangat & ditunggu komentarnya ya…jangan lupa klik iklannya agar blog ini tetap exist dan mempersembahkan informasi terbaik dan bermanfaat bagi sobat-sobat Asuransi Hot News. Tunggu informasi gadget lainnya ya :D

1 komentar:

  1. Spek hardware canggih abiss... apple dan bb siap2 aja gigit jari nihhhh, hehehehehe...

    Salam kenal,
    3Fortune Indonesia
    http://onlinetourservices.com

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...