Selasa, 07 September 2010

Fiqih Mudik 1


Ada bebarapa adab yang seyogyanya diketahui dan diperhatikan untuk dilaksanakan oleh pemudik/musafir, agar perjalanannya diberkahi oleh Allah SWT, diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Mengharap ridha Allah SWT
Tetapkanlah niat untuk mengharapkan ridha Allah SWT semenjak anda memutuskan untuk bepergian, dan jauhkanlah segala keinginan mendapatkan kesenangan duniawi seperti pamer dan membanggakan diri, karena hal tersebut akan merusak pahala amal kebaikan, Allah SWT berfirman :
Artinya : “Katakanlah wahai Muhammad sesungguhnya shalatku, ibadahku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah.” (QS. 6:162)
2. Berbekal dengan yang halal
Berbekallah hanya dengan harta yang halal, karena harta haram akan menjadi penghalang terkabulnya do’a (lihat Shahih Muslim nomor 1015) dan akan mendatangkan murka Allah. Rasulullah SAW bersabda (yang artinya) : “Sesungguhnya Allah Dzat Yang Maha Baik dan Ia hanya menerima yang baik.” (HR. Muslim)
3. Menulis Wasiat
Disunnahkan bagi yang akan bepergian jauh untuk menulis wasiat (hak-haknya yang ada pada orang lain dan kewajiban-kewajibannya yang belum ditunaikan). Rasulullah SAW bersabda (yang artinya) : ”Seorang muslim yang mempunyai sesuatu yang ingin diwasiatkan sudah harus menulis wasiatnya bila ingin menginap/bepergian dua malam.” (HR. Bukhari dan Muslim)
4. Mencari Teman Yang Baik
Orang yang akan bepergian dianjurkan untuk tidak bepergian seorang diri tanpa ada yang menemaninya, dan untuk itu hendaklah mencari teman yang baik, agar terjaga dari berbuat kesalahan selama dalam perjalanan. Rasulullah SAW bersabda (yang artinya) : “Seandainya orang mengetahui bahaya dalam kesendirian sebagaimana yang aku ketahui, niscaya tidak aka nada orang yang bepergian sendirian pada waktu malam hari.” (HR. Bukhari)
‘”Seseorang itu mengikuti agama teman dekatnya. Oleh karea itu hendaklay kalian memperhatikan siaya yang akan kalian jadikan teman dekat.” (HR. Abu Dawud)
5. Berpamitan
Disunnahkan bagi orang yang hendak bepergian untuk berpamitan kepada kerabat dan tetangganya, dan mengatakan :
Artinya : “Aku titipkan kalian kepada Allah, Dzat yang tidak menyia-nyiakan titipan yang dipasrahkan kepada-Nya.” (HR. Ahmad)
Dan disunnahkan bagi yang dipamiti mengatakan :
Artinya : “Semoga Allah membekalimu dan memudahkanmu untuk melakukan kebaikan dimanapun engkau berada.” (HR. Tirmidzi)
6. Berdo’a Ketika Keluar Dari Rumah
Disunnahkan ketika keluar dari rumah untuk bepergian membaca do’a sebagai berikut :
Artinya : “Dengan Nama Allah, aku berserah diri kepada-Nya, tiada daya dan upaya kecuali hanya dengan bantuan-Nya.” (HR. Abu Dawud)
7. Membaca Do’a Safar
Disunnahkan sebelum melakukan perjalanan membaca do’a safar sebagai berikut :
Artinya : “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Maha Suci Dzat yang menundukkan kendaraan ini untuk kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya. Sesungguhnya kami akan kembali kepada Rabb kami. Ya Allah, kami memohon kebaikan, ketaqwaan dan kemampuan untuk melaksanakan amalan yang Engkau ridhai dalam perlananan kami ini. Ya Allah, rungankanlah perjalanan kami ini dan dekatkanlah jaraknya. Ya Allah, Engkau adalah Dzat yang menjaga teman kami dalam perjalanan ini dan Dzat yang menjaga keluarga yang kami tinggalkan. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari sulitnya perjalanan, dari musibah buruk selama dalam perjalanan, dan dari bencana dalam harta benda dan keluarga pada waktu kepulangan kami.”
Dan dalam perjalanan pulang dilanjutkan dengan do’a sebagai berikut :
Artinya : “Kami adalah orang-orang yang pulang bertaubat, beribadah kepada-Nya dan memuji-Nya.” (HR. Muslim)
8. Memilih Ketua Rombongan
Disunnahkan bila ada rombongan yang mengadakan perjalanan, untuk mengangkat salah seorang diantara mereka menjadi pemimpin rombongan. Rasulullah SAW bersabda (yang artinya) : “Jika ada 3 orang mengadakan perjalanan, maka hendaklah mereka mengangkat salah seorang dari mereka sebagi pemimpin.” (HR. Abu Dawud)
9. Berdo’a Ketika Singgah Di Suatu Tempat
Bila Singgah di suatu tempat, disunnahkan untuk membaca do’a sebagai berikut :
Artinya : “Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk yang diciptakan oleh-Nya.” (HR. Muslim)
10. Bertakbir Ketika Melewati Jalan Menanjak Dan Bertasbih Ketika Melewati Jalan Menurun
Dianjurkan selama perjalanan untuk bertakbir ketika sedang melewati jalan menanjak dan bertasbih ketika melewati jalan menurun, sebagaimana pernyataan para sahabat Rasulullah SAW (yang artinya) : “Ketika kami melewati jalan naik kami bertakbir, dan apabila kami melewati jalan turun kami bertasbih.” (HR. Bukhari)
11. Memperbanyak Do’a Dalam Perjalanan
Do’a musafir adalah do’a yang mustajab (terkabul), maka hendaknya kita memperbanyak do’a ketika berada dalam perjalanan. Rasulullah SAW bersabda (yang artinya) : Ada tiga do’a yang dikabulkan tanpa perlu diragukan, yaitu : do’a orang yang teraniaya, do’a orang yang sedang safar dan do’a orangtua atas anaknya.” (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah)
12. Menolong Yang Kesulitan
Rasulullah SAW bersabda (yang artinya) : “Barang siapa mempunyai kelebihan kendaraan, hendaklah ia berikan kepada yang tidak mempunyai kendaraan, dan barang siapa mempunyai kelebihan bekal, hendaklah ia memberikannya kepada yang tidak mempunyai bekal.” (HR. Muslim)
13. Segera Kembali Setelah Urusan Selesai
Rasulullah SAW bersabda (yang artinya) : “Safar merupakan siksaan, karena menghalangi seseorang untuk bisa menikmati tidur, makan dan minum, Maka jika diantara kalian telah menyelesaikan keperluannya, hendaklah segera kembali ke keluarganya.” (HR. Bukhari dan Muslim)
14. Melaksanakan Shalat Dua Raka’at
Disebutkan dalan hadits (yang artinya) : “Adalah Rasulluah SAW ketika dating dari perjalanan mendatangi masjid terlebih dahulu lalu melaksanakan shalat dua raka’at.” (HR. Bukhari dan Muslim)
15. Membawa Oleh-Oleh
Disunnahkan bagi yang bepergian untuk membawa oleh-oleh. Rasulullah SAW bersabda (yang artinya) : “Hendaklah kalian saling member hadiah, karena hal itu akan membuah kalian saling mencintai.” (HR. Baihaqi)

Bersambung....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...