Selasa, 31 Agustus 2010

Nokia-Intel Membuat Ponsel 3D

Ingat saat hologram Putri Leia membuat kalian ternganga? Nokia dan Intel mengumumkan bahwa mereka akan membuat ponsel dengan teknologi 3D yang sama.

Selama 3 tahun, perusahaan ini melakukan riset bersama di University of Oulu Finlandia. Tujuan utamanya adalah mengembangkan tampilan 3D yang nyata secara virtual untuk teknologi tampilan yang sudah ada, kemungkinan yang lebih menarik lagi adalah 3D ini akan diterapkan pada Smartphone.

“Wilayah riset berpotensi lain dari teknologi ini adalah teknologi ini memungkinkan tampilan hologram 3D pada orang yang sedang diajak berbicara melalui ponsel,” kata Intel, “sebuah kemampuan yang hanya ditemui pada film sci-fi saat ini.”

Heikki Huomo, direktur Center for Internet Excellence universitas mengatakan pada Computerworld bahwa mengembangkan hologram interaktif secara penuh akan menjadi sebuah “jangkauan,” namun peneliti belum memberikan detail.

Mereka cenderung mengembangkan gambar tidak interaktif. Huomo mengatakan bahwa peneliti “mencoba membenamkan hologram 3D ini.” Sekarang saya akui bahwa holografik 3D bukanlah teknologi paling praktis yang bekerja saat ini. Saya mengalami kesulitan menggambarkan skenario di mana kepala tanpa tubuh dapat lebih berguna daripada video orang dengan lingkungan sekitarnya.

Mungkin hal itulah yang menyebabkan Intel dan proyek penelitian Nokia sangat tertarik menggunakan teknologi tampilan yang sudah ada untuk menciptakan dunia virtual Meego, sistem operasi mobile Intel dan Nokia sedang bekerja bersama-sama.

Namun, memiliki hologram dalam bentuk saku seperti memiliki hoverboard, mobil terbang dan teknologi masa depan palsu lain yang ingin saya lihat. Semoga Intel dan Nokia mendapat kekuatan selama beberapa tahun ke depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...