Senin, 16 Agustus 2010

Keutamaan Puasa Dalam Bulan Ramadhan


1. Puasa adalah sarana pengendali syahwat.
Rasulullah SAW bersabda (yang artinya) : “Wahai para pemuda, siapa di antara kalian telah mampu untuk menikah maka menikahlah, karena menikah akan lebih menundukkan pandangan dan menjaga kemaluan. Namun jika belum mampu maka hendaknya ia berpuasa, karena puasa itu obat.” (HR. Bukhari dan Muslim)
2. Puasa adalah sarana penghapus dosa.
Rasulullah SAW bersabda (yang artinya) : “Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan atas dasar keimanan dank arena semata-mata mencari ridha Allah, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim)
3. Puasa adalah sarana untuk meraih kebahagiaan di dunia dan akhirat.
Rasulullah SAW bersabda (yang artinya) : ”Bagi seorang yang berpuasa ada dua kebahagiaan; kebahagiaan ketika berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabb-nya.” (HR. Bukhari dan Muslim)
4. Puasa akan menjadi pemberi syafaat bagi pelakunya di hari kiamat.
Rasulullah SAW bersabda (yang artinya) : “Puasa dan Al-Qur’an akan memberikan syafaat bagi seorang hamba di hari kiamat.” (HR. Hakim)
5. Puasa adalah perisai dari api neraka
Rasulullah SAW bersabda (yang artinya) : “Puasa adalah perisai yang dengannya seseorang akan membentengi dirinya dari neraka” (HR. Thabrani)
6. Puasa adalah ibadah yang tidak ada tandingannya.
Rasulullah SAW bersabda (yang artinya) : “Berpuasalah adna, sesungguhnya puasa adalah ibadah yang tidak tertandingi.” (HR.Nasa’i)
7. Pada setiap Ramadhan tiba, pintu-pintu surya dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan syetan-syetan dibelenggu.
Rasulullah SAW bersabda (yang artinya) : “Jika datang bulan Ramadhan, dibukalah pintu-pintu surga dan ditutuplah pintu-pintu neraka serta syetan-syetan dibelenggu.” (HR. Bukhari dan Muslim)
8. Pada salah satu malam Ramadhan ada Lailatul Qadar yang lebih baik dari seribu bulan, sebagaimana firman Allah dalam QS Al-Qadr
9. Besarnya potensi terkabulkannya do’a di bulan Ramadhan.
Rasulullah SAW bersabda (yang artinya) : “Bagi setiap muslim ada do’a yang terkabul yang dilakukannya di bulan Ramadhan.” (HR. Malik dan Ahmad)
10. Malam Ramadhan adalah malam pembebasan dari api neraka,
Rasulullah SAW bersabda (yang artinya) : “Pada setiap malan di bulan Ramadhan Allah menetapkan orang-orang yang dibebaskan dari neraka.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...