Senin, 30 Juli 2012

Hasil Seleksi DK OJK Tanpa Perwakilan Dari Industri Perbankan



Pagi sobat Asuransi Hot News…gimana masih terus mengikuti informasi yang blog ini khan. Pagi ini saya memberikan informasi mengenai hasil seleksi dari pemilihan ketua dan anggota Dewan Komisioner Otiritas Jasa Keuangan (DK OJK).

 

Dari hasil seleksi diketahui bahwa seluruh kursi di  DK OJK telah terisi oleh para wakil dari regulator aktif, mantan regulator dan seorang auditor. Sayangnya tidak ada satupun wakil dari industri perbankan yang berhasil lolos dan masuk dalam DK OJK.

 

Seperti kita ketahui bahwasannya saat pendaftaran dibuka, terdapat sebanyak 290 pendaftar yang berminat untuk menjabat sebagai DK OJK. Pendaftar muncul dari beragam profesi mulai dari bankir, pelaku industri asuransi, pejabat di bidang ekonomi hingga pengamat ekonomi. Sebagian besar pendaftar DK OJK ini diketahui berprofesi sebagai bankir.

 

Banyak orang berharap, panitia seleksi yang diketuai oleh Menteri Keuangan Agus Martowardojo dapat menghasilkan tokoh terbaik yang berasal dari perwakilan industri yang beragam sehingga dapat melahirkan lembaga yang benar-benar berkualitas.

Dari hasil seleksi yang ada sekarang, banyak para bankir yang merasa kecewa. Hal ini disebabkan tidak ada satupun dari perwakilan mereka yang mendapat kursi di DK OJK, namun yang terpilih seluruhnya dari regulator.

 

Tidak sedikit orang yang merasa khawatir dengan hasil seleksi DK OJK yang ada sekarang, hal tersebut dikarenakan semua anggota dewan komisioner lembaga baru ini berasal dari regulator. Kemungkinan buruk yang mungkin terjadi adalah lembaga ini akan tidak produktif alias mandul.

Sebagian orang menilai lembaga ini hanyalah penyatuan dari Bapepam-LK yang mengawasi pasar modal, asuransi dan dana pensiun, dan Bank Indonesia untuk perbankan, sehingga tidak ada sesuatu yang baru sehingga dapat menghasilkan fungsi pengawasan yang lebih efektif dan independen.

 

Kini masa seleksi telah selesai, kita semua hanya dapat berharap bahwa hasilnya seleksi ini akan memberikan sesuatu yang baru bagi perekonomian di Indonesia dan pastinya demi kemajuan bangsa ini.

1 komentar:

  1. aturan baru OJK gan
    www.asuransi-indonesia.net/sejak-awal-februari-ojk-terapkan-aturan-untuk-tarif-premi/

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...